Sukses

Parenting

Sebelum Tidur Tampak Sehat, Setelah Bangun Balita Ini Mendadak Tak Bernapas

Amber Stocksdale masih di kantor ketika ia mendapat telepon dari suaminya, Adam pada suatu hari. "Pulang sekarang!" begitu kata suaminya di telepon. Telepon itu mengabarkan sesuatu yang buruk. Buah hatinya, Addison yang masih berusia 16 bulan saat itu berhenti bernapas.

Seperti yang dilansir dari familyshare.com, Amber langsung pulang ke rumah begitu mendapat telepon tersebut. Jelas ia begitu panik ketika mendengar kabar buah hati tercintanya berhenti bernapas. Apa yang sebenarnya terjadi pada Addison?

Addison tadinya terlihat sehat dan baik-baik saja saat akan tidur. Tapi begitu bangun tidur, Addison yang biasanya ceria tampak begitu lesu. "Dia berbaring di lantai dan menghisap jempolnya kemudian pingsan tak sadarkan diri. Dia berhenti bernapas," papar Amber menjelaskan kondisi putrinya.

Amber dan Addison beberapa bulan sebelum Addison mengalami febrile seizure./Copyright dok. Amber Stocksdale

Beruntung Adam segera mengetahui kondisi putrinya tersebut. Dia langsung membantu Addison untuk kembali sadar dengan memberikan napas buatan. Setelah kembali sadar, Addison langsung dilarikan ke rumah sakit.

Sesampainya di rumah sakit, Addison diberi obat Motrin dan diberi cairan untuk menurunkan demamnya. Amber pun terus mendampingi putrinya tersebut.

Apa yang terjadi dan dialami Addison cukup menimbulkan tanda tanya. Ada dugaan Addison mengalami febrile seizure, yaitu kejang yang tidak berbahaya pada anak, akibat lonjakan suhu tubuh yang tiba-tiba. Dilansir dari mayoclinic.org, lonjakan suhu pada anak bisa terjadi karena infeksi. Namun, anehnya saat kejadian, Addison tak mengalami infeksi apa-apa.

Kondisi yang dialami Addison pun ternyata bisa terjadi pada setap anak. Saat itu suhu tubuh Addison melonjak karena ia sedang dalam fase tumbuh gigi.

Sebagai ibu, Amber pun memberikan perhatian yang lebih banyak lagi pada kondisi putrinya tersebut. Setiap saat ia berusaha memastikan kalau Addison tidak demam. Kalau Addison mulai menunjukkan gejala demam, ia akan segera mengusahakan menurunkan demamnya dan terus memonitornya sampai demamnya hilang.

Kondisi yang dialami Addison juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Amber dan ibunya dulu ternyata juga pernah mengalami kondisi berhenti bernapas secara tiba-tiba saat masih kecil.

Addison bersama kedua orang tuanya./Copyright dok. Amber Stocksdale

Kini, Addison sudah berusia 5 tahun. Amber pun selalu berada di sisinya untuk memastikan kondisi buah hatinya tersebut baik-baik saja. "Saya makin keras berusaha menjaga kesehatannya dengan lebih baik. Juga mengingatkan saya untuk selalu menyalakan insting saya sebagai ibu. Kalau ada perasaan yang tak enak, bisa jadi memang ada sesuatu yang tak beres," ujar Amber.

Setiap orang tua sering dihadapkan pada kondisi dan situasi yang tak pernah diduga sebelumnya. Hal-hal tak terduga yang terjadi pada buah hati memang bisa bikin orang tua panik nggak karuan. Namun, Amber belajar dari pengalamannya berharap setiap orang tua bisa selalu kuat dan jangan ragu untuk cari bantuan bila ada masalah. "Bergantunglah pada teman, keluarga, dan terlebih pada Tuhan untuk mencari bantuan di saat genting seperti ini," paparnya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading