Sukses

Parenting

Agar Gigi Tumbuh dengan Baik, Stimulasi Dengan Ini

Gigi tumbuh dengan baik alah salah satu indikasi pertumbuhan anak berjalan dengan baik. Maka tidak heran jika banyak orang tua melakukan berbagai cara agar gigi anak tumbuh dengan baik dan normal. Salah satunya adalah dengan melakukan stimulasi yang tepat, hal ini penting agar gigi tumbuh dengan baik.

Agar pertumbuhan gigi sehat, anak juga perlu nutrisi serta stimulasi yang tepat. Mom, berikut ini adalah stimulasi yang dibutuhkan anak agar gigi tumbuh dengan baik.

    Konsumsi Makanan yang Tepat

    Untuk menstimulasi gigi agar tumbuh dengan baik, usahakan anak untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Berikan makanan sesuai piramida makanan dan sesuai dengan usia anak. Misalnya anak usia 6 bulan mulai diberikan MakananĀ Pendamping ASI, dan saat anak berusia 1 tahun mulai makan makanan yang berat.

    Melatih anak untuk mengunyah juga dapat menstimulasi pertumbuhan gigi anak agar sehat dan kuat.

    Konsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium

    Agar gigi kuat dan sehat, sebaiknya ajarkan anak untuk gemar mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan flouride. Hal ini membantu untuk menjaga struktur gigi agar rapi dan kuat, terutama untuk pertumbuhan gigi susu.

    Menjaga Kebersihan Rongga Mulut

    Pastikan mom untuk menjaga kebersihan rongga mulut anak. Setelah bayi makan atau menyusui bersihkan rongga mulutnya. Setelah tumbuh gigi, biasakan untuk memeriksakan ke dokter gigi.

    Hindari Bayi Minum Susu dengan Tidur

    Tidur sambil minum susu membuat sisa susu menempel di gigi dan mengendap, sehingga dapat menimbulkan lubang pada gigi. Ajarkan anak untuk minum susu dari gelas khusus bayi. Hindari membiasakan anak minum susu melalui botol, mulai latih anak di usia 8 bulan untuk minum susu melalui training cup.

Mom, demikian 4 hal yang perlu diperhatikan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi pada anak. Ajarkan pada anak untuk menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading