Sukses

Parenting

KISSES! 6 Poin Penting Untuk Babywearing yang Aman dan Nyaman

Belakangan ini, makin marak ibu-ibu muda yang mulai menghindari pemakaian stroller untuk membawa bayi atau balita. Mereka bahkan punya komunitas, termasuk di Indonesia. Adalah Indonesia Babywearing, yang mengumpulkan para orang tua dari berbagai kota, yang ingin belajar bagaimana cara menggendong bayi dengan aman dan nyaman.

Ngomong-ngomong soal menggendong bayi atau balita, yang kini lebih nge-trend dengan sebutan babywearing, ada beberapa poin yang harus diperhatikan nih, moms. KISSES, begitu enam poin ini diringkas, agar mudah diingat. Apa saja sih itu? Yuk langsung saja simak daftar yang berikut ini:

Kissable

Posisikan si anak agar mudah dicium oleh ibu atau ayah yang menggendongnya. Nggak harus sedekat pipi bertemu pipi, setidaknya kepala si anak berjarak dekat dengan dagu, sehingga mudah diraih untuk memberikan kecupan di kepalanya.

In View

Saat menggendong bayi atau balita, moms harus bisa sering-sering melihat wajah mereka. Pastikan kain yang dipakai untuk menggendong tidak menutupi wajahnya, atau setidaknya dikondisikan agar mudah dibuka, untuk melihat keadaannya.

Supported Back

Tubuh bagian depan bayi atau balita harus sedekat mungkin dengan tubuh ibu atau ayah yang menggendongya. Biarkan punggungnya disangga oleh kain gendongan saja, karena jika moms mendekapnya terlalu erat, mereka justru tak nyaman.

Supported Hips

Moms mungkin bakal selau khawatir kalau-kalau cara menggendong yang dipakai bikin pinggang bayi atau balita tak nyaman. Idealnya, kaki mereka harus membentuk huruf 'M', dengan posisi lutut yang lebih tinggi dari bagian pantat.

Easy to Breathe

Sangat penting untuk mengondisikan bayi atau balita mudah bernafas saat berada dalam gendongan. Jangan sampai moms memngikatnya terlalu kuat. Pastikan jarak antara dagu dan dada mereka tidak kurang dari dua jari saat dalam gendongan.

Snug

Tak peduli apakah moms memakai model gendongan wrap, sling, atau apapun itu, pastikan bayi atau balita merasa nyaman. Meski tak diikat terlalu erat, namun mereka harus tetap dalam jangkauan tangan, agar tak mudah merosot.

Well, happy babywearing ya moms!

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading