Sukses

Parenting

Ajari Si Kecil Membaca Lewat Dongeng Yuk!

Mempersiapkan si kecil memasuki masa sekolah bisa diawali dengan belajar membaca. Tapi, mengajari anak membaca di usianya yang masih sangat dini memang jadi hal yang tricky. Si kecil yang memang masih dalam masa-masa bermain bisa cepat bosan saat diajak mengenal huruf dan angka.

Mencari metode belajar yang kreatif adalah salah satu cara agar si kecil tidak bosan saat belajar membaca. Misalnya saja dengan latihan membaca lewat dongeng. Yuk, terapkan pada buah hati di rumah, Mom!

Bacakan Dongeng Pada Si Kecil Secara Rutin

Sebelum mengajarinya membaca, sebaiknya Mom mulai membiasakan diri untuk membacakan dongeng pada si kecil secara rutin. Cara ini berperan untuk mengenalkan buku bacaan pada buah hati. Dengan cerita-cerita yang menarik, si kecil akan mulai penasaran dengan buku bacaan tersebut.

Bujuk Si Kecil Belajar Membaca Lewat Dongeng Favorit

Jika si kecil sudah terbiasa dibacakan dongeng anak-anak, maka akan lebih mudah memperkenalkan huruf dan angka padanya. Mom bisa mulai membujuknya seperti ini, “Cerita ini bagus lho sayang, nggak mau coba belajar baca sendiri?” atau “Kalau Adek bisa baca buku sendiri, nanti Mom belikan buku cerita yang banyak”. Jika si kecil sudah memiliki kecintaan terhadap dongeng, pasti dia akan bersemangat ketika diajak belajar membaca.

Pilih Dongeng Favoritnya

Mom pasti tahu dong genre cerita dongeng seperti apa yang disukai buah hati. Jika ingin mengajaknya belajar membaca, pilih buku dongeng yang memiliki cerita menarik perhatiannya. Sebaiknya buku yang dipilih memiliki banyak gambar dengan tulisan yang tidak terlalu banyak, sebagai ‘pemanasan’ saat latihan membaca.

Sambil membacakan dongeng, Mom bisa mengenalkan huruf dan angka pada anak secara perlahan. Hal ini bisa menjadi kegiatan belajar yang nggak membosankan, si kecil pun bisa berlatih membaca dengan lancar.

Mom punya cara kreatif lainnya yang bisa digunakan para Mom lain untuk mengajari anak membaca? Bagikan yuk, siapa tahu tips Mom dapat menjadi inspirasi bagi orang tua lain. Mumpung Panadol Anak Competition masih dibuka, share tips kreatif andalan lewat Facebook atau Instagram, yuk! Begini lho caranya.

Mekanisme Kontes:

1. Peserta membuat tips kreatif sesuai tema mingguan yang diberikan oleh tim Panadol Anak Competition.

2. Peserta wajib like FB Fanpage Panadol Ibu Peduli.

3. Bagikan tips kreatif yang sudah dibuat sesuai dengan tema yang ditentukan. Tag ke akun media sosial Panadol Anak Indonesia. Jangan lupa sertakan hashtag #TipsPanadolAnak #IbuPeduli #MakeNoMistakes #KLNPanadolAnak di kolom caption.

4. #TipsPanadolAnak yang dikirim harus original, kreatif, inspiratif dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

5. Tips yang dibuat bisa berupa foto atau video.

6. Periode kontes berlangsung mulai 18 Juli – 23 September 2017.

Hadiah:

Akan ada 5 pemenang yang mendapatkan hadiah menarik setiap minggunya dan 2 pemenang yang mendapatkan hadiah utama berupa Giant Keyboard dan Smartwatch For Kids.

Wah, banyak hadiah menarik yang bisa menjadi kejutan istimewa untuk buah hati tercinta, kan? Yuk, segera bagikan tips kreatif Mom dalam merawat anak sebelum 23 September 2017. Jangan sampai ketinggalan kesempatannya ya! Info lebih lengkap klik di sini.

 

(vem/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading