Sukses

Parenting

Manfaat Menangis untuk Bayi, Moms Perlu Tahu Nih!

Sebagai ibu, kadang kita bisa dibikin bingung sendiri kenapa si kecil menangis? Bayi menangis bisa karena berbagai macam alasan dan penyebab. Pada dasarnya menangis adalah salah satu cara bayi untuk berkomunikasi. Dan ternyata menangis bisa memberi manfaat tersendiri pada bayi.

Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa menangis itu hal yang alami dan baik untuk bayi. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ikuti infonya di sini.

Mendapatkan Udara untuk Bernapas

Bayi yang baru lahir umumnya akan menangis. Dikutip dari boldsky.com,tangisan pertama bayi ini membantu paru-parunya untuk mendapatkan udara dan bernapas. Di fase ini, menangis adalah caranya untuk bisa bernapas.

Membantu Bayi Berkomunikasi

Karena bayi masih belum bisa bicara atau berbahasa, menangis adalah caranya untuk berkomunikasi. Saat dia ingin sesuatu, membutuhkan bantuan, atau ingin diperhatikan, biasanya bayi akan menangis. Kita sebagai orang tua perlu memberinya perhatian saat si kecil menangis. Agar komunikasi bisa tetap jalan dan bayi merasa nyaman.

Menangis sebagai Olahraga

Percaya atau tidak, menangis adalah salah satu bentuk olahraga. Ketika bayi menangis, banyak otot tubuhnya yang tertarik atau berkontraksi. Tapi sebaiknya jangan membiarkan bayi menangis terlalu lama. Kalau tangisannya malah susah diredakan, hati-hati dengan bahaya lain yang mengintai, seperti karena penyakit atau gangguan lainnya.

Melepaskan Stres

Menangis juga membantu melepaskan emosi atau tekanan yang dirasakan. Pada bayi pun, menangis bisa membantunya melepaskan stres. Malah kalau bayi tak pernah menangis sama sekali, kita perlu waspada. Bayi yang sangat jarang menangis bisa jadi tanda ia sedang mengalami tekanan atau memendam emosi negatifnya sendiri.

Bayi menangis merupakan hal yang lumrah. Dan ternyata memang ada sejumlah manfaat yang didapat bayi saat ia menangis. Yuk, Moms kita lebih peka lagi dengan semua yang dirasakan si kecil agar bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan baik.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading