Sukses

Parenting

4 Kegiatan Asyik untuk Ajarkan Si Kecil Mengenal Alam

Mengenal alam ternyata menjadi poin penting dalam proses tumbuh kembang buah hati. Menurut psikolog anak dan keluarga, Mira D. Amir, interaksi anak dengan alam sekitar sangat penting untuk membantu keseimbangan otak kanan dan kiri, serta melatih keterampilan fisik dan motorik kasarnya.

Nah, sangat penting untuk mendukung interaksi anak dengan alam sejak dini. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa kegiatan ini. Dijamin seru dan bisa membuat si kecil mencintai alam, Ladies.

Mengamati Lingkungan Sekitar

Ini dia salah satu kegiatan paling simpel yang bisa dilakukan si kecil untuk mengenal alam. Ajak dia jalan-jalan di sekitar rumah untuk mengamati lingkungan sekitar. Kenalkan padanya nama tumbuhan atau hewan yang ditemui di jalan. Proses observasi sederhana ini dapat menjadi langkah awal untuk membuatnya lebih mengenal alam yang ada di sekitarnya.

Berkebun

Berkebun juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi buah hati. Bermain tumbuhan dan tanah memang kotor, tapi ada banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil, lho. Sifat dasar mereka yang selalu ingin tahu akan tertarik dengan kegiatan tersebut. Berkebun dapat melatih kemampuan motorik dasar anak, karena mereka akan belajar menggali tanah dan menanam tanaman.

Kegiatan ini juga bisa menanamkan rasa cinta pada alam dalam diri buah hati sejak kecil. Kamu juga bisa mengajarkan pengetahuan ilmiah pada anak sejak dini, seperti misalnya bagaimana proses tanaman tumbuh setelah ditanam dalam tanah. Bermain kotor pun bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan anak.

Berkemah di Akhir Pekan

Jika sedang tidak ada acara di akhir pekan, berkemah bisa jadi kegiatan yang seru untuk dilakukan, lho. Si kecil pasti akan excited dengan pengalaman baru yang satu ini. Cari bumi perkemahan yang ramah untuk anak kecil. Ada banyak kegiatan edukasi yang bisa diajarkan lewat aktivitas ini, mulai dari cara membuat api unggun, mengenalkan macam-macam hewan, hingga melihat bintang di malam hari. Anak akan lebih mengeksplor alam di sekitarnya lewat kegiatan berkemah ini.

Outbound Bersama Keluarga

Mengikuti family outbound juga bisa menjadi kegiatan mengenal alam yang asyik dilakukan. Buah hati pasti akan sangat bersemangat mengikuti aktivitas fisik di luar ruangan ini. Outbound bisa melatih kemampuan motorik si kecil, mengajarkan kerja sama, meningkatkan keterampilan anak, hingga mengajarkan si kecil lebih percaya diri yang baik untuk tumbuh kembang anak. Si kecil juga bisa mengenal alam yang lebih luas, misalnya area persawahan, sungai, dan area lain yang selama ini jarang ditemui di sekitar mereka.

Mayoritas kegiatan mengenal alam memang melibatkan aktivitas fisik. Jadi, wajar kalau si kecil jadi gampang kotor karena berinteraksi dengan tanah, air sungai, hingga lumpur. Sebagai orang tua, wajar kalau muncul berbagai kekhawatiran, misalnya takut si kecil terluka atau jatuh sakit setelah asyik bermain di sungai.

Tapi, menunjukkan kasih sayang pada buah hati bukan dengan melarangnya melakukan aktivitas eksplorasi yang diinginkan. Membebaskan si kecil dengan berkata “IYA BOLEH” adalah bentuk dukungan orang tua di masa eksplorasi anak karena bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar adalah kebutuhan yang penting untuk masa pertumbuhannya.

Ada tiga pilar penting yang membantu tumbuh kembang si kecil, yaitu Nutrisi – Cinta Ibu dan Ayah – Stimulasi yang tepat. Pemberian nutrisi menjadi hal yang penting untuk memberikan energi yang menunjang aktivitas hariannya, serta meningkatkan sistem imun tubuh supaya nggak gampang sakit.

Maksimalkan nutrisi si kecil dalam proses tumbuh kembangnya dengan inovasi baru DANCOW Advanced Excelnutri+ yang mampu membantu memperkuat daya tahan tubuh buah hati selama proses belajarnya. Perlindungan total diberikan produk ini untuk pertumbuhan fisik selama proses tumbuh kembangnya.

DANCOW Advanced Excelnutri+ ini memiliki inovasi baru Advanced Protection, antara lain kandungan 3x Lactobacillus rhamnossus yang lebih banyak dibanding produk sebelumnya. Bakteri tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil di saluran cerna, menurunkan risiko infeksi di saluran pernapasan dan juga menurunkan infeksi pada saluran cerna buah hati. Tiga perlindungan tersebut pastinya bisa mendukung tumbuh kembang yang lebih maksimal.

Setelah nutrisi terpenuhi, masa tumbuh kembang anak akan semakin maksimal dengan cinta kasih ibu dan ayahnya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan cara selalu mendampingi buah hati di masa eksplorasinya, termasuk mengucapkan “IYA BOLEH” pada setiap kegiatan mengenal alam yang dilakukan anak. Terakhir, stimulasi yang tepat dapat mendukung tumbuh kembang anak yang lebih optimal. Misalnya dengan mengajak si kecil melakukan kegiata asyik di atas untuk merangsang keingintahuannya sekaligus memaksimalkan eksplorasi dalam mengenal lingkungan sekitar.

Jadi, tak perlu khawatir lagi saat si kecil sedang aktif melakukan berbagai kegiatan yang mengeksplorasi alam. Dengan perlindungan yang maksimal dari nutrisi dan kasih sayang orang tua, proses tumbuh kembang buah hati dapat berlangsung maksimal.

Nah, kombinasi nutrisi yang tepat untuk memberikan perlindungan anak, cinta dan kasih orang tua dalam memandu proses tumbuh kembangnya, serta stimulasi yang tepat dapat mendukung Yuk, dukung terus perkembangan si kecil lewat inovasi kegiatan kreatif, Ladies! Info lebih lengkap klik di sini, ya!

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading