Sukses

Lifestyle

Tebak Kepribadian dari Selera Musik, Jawabannya Mengejutkan Lho!

Apa yang disukai seseorang bisa menggambarkan kepribadiannya. Termasuk salah satunya selera musik atau jenis musik favorit. Jadi, kalau kamu ingin mengetahui gambaran umum kepribadian seseorang, coba deh tanya jenis musik favoritnya.

Jules Combarieu, cendekiawan asal Perancis (dilansir dari medicaldaily.com) mengatakan bahwa musik adalah seni berpikir melalui suara. Dan selera musik ternyata punya kaitan dengan kepribadian seseorang. Dalam sebuah studi tahun 2010, Dr. Adrian North melakukan survei terhadap 36.518 orang di lebih dari 60 negara tentang pilihan mereka terhadap 104 gaya musik juga kepribadian mereka. North kemudian menemukan bahwa kepribadian dan gaya hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh selera musiknya.

"Orang bisa menegaskan diri mereka melalui musik dan berhubungan dengan orang lain melalui hal tersebut, tapi kami belum mengetahui lebih detail lagi bagaimana musik bisa berkaitan dengan jati diri," jelas North. Dari penelitian North, ia pun bisa menyimpulkan sejumlah poin tentang selera musik dan gambaran kepribadian seseorang. Yuk, kita ikuti lebih jauh lagi infonya di sini.

  • Penyuka Rap/Hip-Hop: punya rasa percaya diri tinggi, supel, dan tidak terlalu ramah lingkungan.
  • Penyuka Heavy Metal: lembut, punya rasa percaya diri rendah, tertutup, dan merasa paling nyaman dengan diri sendiri.
  • Penyuka Indie Rock: punya rasa percaya diri rendah, kreatif, pemalas, keras kepala.
  • Penyuka Electronic/Dance: gampang bersosialisasi, keras kepala, supel, kreatif.
  • Penyuka Klasik: punya rasa percaya diri tinggi, introvert, ramah lingkungan, dan bisa cari penghasilan tinggi.
  • Penyuka Pop: punya rasa percaya diri tinggi, pekerja keras, supel, kreativitas rendah, dan gampang cemas.



Untuk lebih memahami lagi kepribadian seseorang yang berkaitan dengan selera musiknya, gali lebih dalam alasan ia menyukai jenis musik atau lagu tertentu. Musik dikenali berkaitan dengan tiga fungsi psikologis: membantu meningkatkan kinerja (misal olahraga jadi makin semangat dengan musik), membantu meningkatkan rasa ingin tahu, dan membantu membangkitkan jenis emosi tertentu pendengarnya (misal lagu bahagia untuk pesta).

Ladies, bagaimana denganmu? Apakah selera musikmu cocok dengan kepribadian dari penelitian Dr. Adrian North? Eh, tapi kalau ada orang yang suka dengan lagu dangdut, kira-kira gimana ya kepribadiannya?





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading