Sukses

Lifestyle

Suka Gunung Atau Pantai? Jawabannya Dapat Menebak Kepribadian Anda!

Lebih suka berlibur ke pantai atau ke gunung? Anda mungkin sering mendengar pertanyaan itu ya, Ladies? Beberapa orang pasti akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu luang di pantai. Sementara sebagian lainnya lebih suka menikmati udara sejuk di gunung. Pilihan itu ditentukan oleh opini, hobi, dan kepribadian masing-masing orang lho. Tunggu, kepribadian? Ya, benar sekali, hal ini bahkan telah dibuktikan oleh penelitian, seperti yang dilansir oleh today.com.

Dalam suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Research in Personality, ditemukan bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert akan memilih pantai, sementara orang dengan kepribadian introvert akan memilih gunung sebagai tempat berlibur.

Psikolog Shigehiro Oishi, Thomas Talhelm dan Minha Leefound dari University of Virginia telah melakukan 5 eksperimen untuk menemukan hubungan antara kepribadian dan geografi. Dalam satu eksperimen, mereka menggunakan data 613.000 data kepribadian yang telah disurvei di Amerika Serikat, untuk mengetahui kepribadian ektrovert atau introvert akan terhubung dengan wilayah geografi seperti apa. Hasil penelitian itu adalah:

    Ekstrovert - Pantai

    copyright Thinkstockphotos.com

    Orang dengan kepribadian ekstrovert digambarkan sebagai pribadi yang mudah bergaul, atau mudah bersosialisasi. Sehingga mereka diduga akan lebih suka memilih tempat yang lebih cocok untuk melakukan aktivitas yang menghibur, serta banyak dikunjungi orang, karena orang ekstrovert suka menjadi pusat perhatian. Karena itu orang ekstrovert cenderung lebih memilih pantai sebagai tujuan berlibur. Pantai adalah tempat yang lebih ramai dibandingkan gunung. Di pantai juga lebih banyak orang yang bisa diamati, diajak berbicara, dan diajak bermain.

    Introvert - Gunung

    copyright Thinkstockphotos.com

    Di sisi lain, orang dengan kepribadian introvert digambarkan sebagai pribadi yang tertutup, dan tidak terlalu suka "gangguan" dari "dunia luar". Sehingga, disimpulkan bahwa orang introvert cenderung memilih gunung untuk tujuan berlibur, bahkan sebagai tempat tinggal. Mereka juga dinilai lebih suka tinggal di dataran tinggi dibandingkan dengan dataran rendah. Gunung dianggap sebagai tempat yang lebih terpencil sehingga cocok untuk "mengisolasi" diri.

Apakah hasil penelitian ini sesuai dengan diri Anda, Ladies? Sesekali bolehlah ya berlibur ke pantai, meski Anda lebih suka gunung, atau sebaliknya. Agar destinasi liburan lebih variatif, dan Anda tidak bosan. Selamat berlibur!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading