Sukses

Lifestyle

Tips Hemat Belanja Baju Sesuai Kepribadian (Wanita Wajib Baca!)

Wanita dan belanja bisa diibaratkan sebagai pasangan sahabat dekat yang tak bisa dipisahkan. Hidup wanita pun rasanya tak lengkap jika tak belanja. Belanja, bagi sebagian wanita, bukanlah menghamburkan uang tapi untuk membuat hidup lebih bahagia. Kalau sudah belanja, dunia rasanya terasa lebih luas dan menyenangkan, betul begitu, Ladies?

Tapi hati-hati kalau sudah kehilangan kontrol saat belanja. Salah-salah malah Anda terlalu boros. Atau membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan. Wah, kalau sudah begini, bisa-bisa nanti menyesal karena justru membuang uang untuk barang yang tak diperlukan. Supaya belanja bisa lebih bijak, yuk coba ikuti tips-tips belanja yang disesuaikan dengan kepribadian Anda.

(vem/nda)

Wanita Minimalis

Ciri-ciri wanita minimalis dalam belanja, antara lain:
1. Setia dengan merek yang Anda sukai dan itu-itu saja.
2. Tak suka neko-neko saat berbelanja.
3. Warna baju yang dibeli kebanyakan yang berwarna netral.

Masalah utama yang paling sering dihadapi oleh si minimalis adalah membuat koleksi baju terlihat membosankan. Itu-itu saja dan kurang variasi. Nah solusinya Anda cukup beli beberapa barang atau baju dengan warna netral yang awet sekalian dan bisa dipakai dalam waktu beberapa tahun ke depan. Lalu anggarkan sebagian uang Anda untuk membeli aksesoris yang bisa menyempurnakan penampilan Anda nantinya. Jika Anda memang sudah telanjur cinta dengan warna-warna netral, cobalah untuk membeli baju dengan desain atau model berbeda. Tujuannya supaya penampilan Anda tak terlihat membosankan.

Wanita Pencipta Tren Kreatif

Ciri-cirinya, antara lain:
1. Punya gaya yang selalu berubah-ubah.
2. Berani menciptakan gaya fashion sendiri yang kreatif.
3. Berani tampil beda dan fashion sudah mendarah daging.

Biasanya sih wanita seperti ini punya masalah dengan berlebihan dalam menciptakan tren sendiri. Jadinya bisa terkesan terlalu berlebihan.

Agar lebih hemat saat belanja, cukup beli baju yang bisa tahan lama dan sekiranya masih akan Anda pakai berulang kali. Kalau perlu, beli pernak-pernik baju saat ada diskon. Karena Anda gampang bosan dan suka berkreasi sendiri, pastikan Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan pada barang yang akan Anda beli. Kalau baju yang mau dibeli terlalu mahal dan hanya akan dipakai sekali dua kali, mending urungkan saja niat belanja Anda.

Wanita Investor

Nah, seorang wanita investor ini umumnya berciri-ciri:
1. Lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas.
2. Lebih suka barang bermerek dan mahal.
3. Pemburu tren terbaru dan penyuka barang-barang eksklusif.

Masalah yang umumnya dihadapi adalah jadi mudah tergoda untuk terus belanja setiap kali melihat barang eksklusif yang baru dijual di pasaran. Bisa boros deh nantinya. So, kalau Anda masih ingin terlihat ekslusif dengan penampilan Anda, tak ada salahnya kok beli barang yang lebih murah dengan kualitas yang cukup bagus. Lalu tinggal dipadukan dengan baju-baju mahal yang sudah Anda beli sebelumnya. Untuk aksesoris, pilih saja aksesoris yang serba guna bisa digunakan saat siang dan malam, jadi lebih hemat kan?

Oh iya, sesekali buat acara garage sale. Anda bisa menjual baju-baju lama yang sudah tak terpakai. Uang hasil penjualan itu pun nanti bisa digunakan untuk membeli baju baru.

Wanita Mix Match

Apakah Anda seorang wanita mix match? Umumnya wanita tipe ini punya ciri-ciri:
1. Bisa membuat kombinasi baju, sepatu, tas, perhiasan, dan aksesoris dengan pas.
2. Bisa menyulap baju lama jadi kelihatan seru dengan menambahkan pernak-pernik tertentu.
3. Punya “seribu satu” gaya untuk satu stel baju.

Tapi kalau sudah berlebihan sih bakal membuat Anda jadi kelihat norak. Lalu gimana caranya biar nggak norak? Caranya adalah dengan coba mengurangi satu atau dua aksesoris yang Anda kenakan.

Saat belanja, selalu kenali baju atau aksesoris paling dasar apa yang Anda butuhkan. Kalaupun beli yang mahal, beli baju atau aksesoris yang awet ya. Saat menyimpan baju dan aksesorisnya, selalu simpan di tempat yang terpisah-pisah. Supaya lebih gampang mencarinya.

Wanita Pecinta Belanja Online

Ups, sepertinya saat ini banyak sekali wanita yang hobi belanja online? Apakah Anda memiliki ciri-ciri tipe wanita pecinta belanja online? Yuk, lihat ciri-cirinya.
1. Selalu kepo dan stalking akun media sosial miliki toko online.
2. Membandingkan harga dari satu toko online ke toko online lainnya.
3. Gampang tergoda belanja baju yang terlihat cantik di foto.

Ladies, hati-hati kalau Anda sudah ketagihan belanja online. Kalau sudah ketagihan, bakal susah untuk menghentikannya. Ya gimana lagi, ke mana-mana kita pasti bawa gadget dan dari gadget kita bisa langsung “window shopping” di internet.

Supaya lebih hemat, ketika tidak sedang baju baru, jangan sekali-sekali mengintip toko online. Kalau perlu kosongkan saldo supaya Anda bisa mencegah diri sendiri dari keinginan untuk transfer uang belanja. Biar nggak ketipu saat belanja baju online, cari tahu detail bahan dan ukurannya. Perlu juga mencari testimoni dari pelanggan lain.

Wanita Otak Dagang

Ciri-cirinya nih:
1. Selalu cari barang yang punya daya jual tinggi.
2. Selalu menawar setiap kali membeli.
3. Memakai baju yang terlihat paling keren supaya bikin calon pelanggan penasaran.

Masalah yang umum dimiliki wanita dengan tipe ini adalah terlalu perhitungan. Gampang stres juga kalau ternyata barang yang dibeli tak bisa dijual lagi. Atau saat beli baju yang ternyata kemahalan.

Biar belanja jadi lebih menguntungkan, buat saja toko online sekalian. Stok barang-barang yang sedang ngetren atau paling banyak dicari. Anda pun harus melek dengan tren fashion terbaru. Atau kalau perlu ciptakan juga tren-tren unik Anda sendiri. Calon pembeli bisa jadi pelanggan setia ketika ia sudah kepincut dengan tren fashion yang Anda ciptakan.

Wanita Gila Obral

Ow, ow, ini nih yang cukup sulit untuk dikontrol, wanita gila obral. Ciri-cirinya:
1. Pemburu baju obralan di mana pun berada.
2. Setiap kali ke toko baju, yang dituju pertama kali adalah yang ada diskonnya.
3. Membuat sendiri jadwal musim-musim obralan.

Memang sih belanja ketika ada diskon terkesan lebih hemat. Tapi kalau nggak dikontrol, jatuhnya ya boros juga. Istilahnya jadi lapar mata dan malah beli banyak baju sekaligus, “Mumpung masih diskon”, itu alasannya.

Ladies, kalau Anda termasuk wanita yang gila obral, selalu ambil jeda sejenak sebelum membeli. Apakah barang yang diobral benar-benar Anda butuhkan? Atau hanya sekadar ingin membeli saja? Sayang kan kalau uang yang sudah kita keluarkan jadi terbuang percuma karena membeli barang obralan yang tak kita pakai.

Wanita Plin-Plan

Seorang wanita plin-plan ketika belanja bisa punya ciri-ciri:
1. Mengumpulkan semua baju yang ingin dibeli, tapi pada akhirnya bingung ketika sudah memilih.
2. Mudah tergoda oleh rayuan si penjual.
3. Sering melanggar janji sendiri ketika belanja baju.

Agak ribet nih kalau berhadapan dengan wanita plin-plan saat belanja. Pasti deh repot kalau belanja dan bakal menghabiskan banyak waktu saat belanja.

Biar lebih hemat ketika belanja, selalu bawa daftar belanjaan sebelum pergi belanja. Uang yang dibawa pun sebaiknya memang pas. Kalau perlu bawa teman juga ketika belanja biar ada orang yang bisa dimintai saran. Jangan terlalu terbawa emosi atau perasaan ketika belanja. Penting juga tidak belanja saat sedang PMS atau baru putus cinta, ya Ladies.

Wanita Praktis Ekonomis

Ciri-ciri wanita yang super praktis ketika belanja baju:
1. Sudah tahu apa yang mau dibeli sebelum pergi ke toko baju.
2. Memilih baju yang paling nyaman dan bisa dijangkau dengan kantong pribadi.
3. Tak mudah termakan rayuan merek terkenal ataupun diskon.

Hhm… sepertinya wanita seperti ini tak punya masalah berarti ketika belanja. Ia membeli yang ia butuhkan. Uang yang dikeluarkan pun sesuai dengan kebutuhan. Saat belanja juga nggak akan buang-buang banyak waktu. Seringnya suka belanja sendirian biar cepat selesai. Kalaupun belanja online, langsung klik barang yang dimau dan transfer uangnya langsung, tanpa melirik kanan-kiri melihat produk lainnya.

So, Ladies, Anda tipe wanita tukang belanja yang seperti apa? Apakah Anda masuk dalam salah satu dari sembilan tipe wanita yang disebutkan di artikel ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading