Sukses

Parenting

Gaya Hidup Hemat untuk Masa Tua yang Hebat

Moms, menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah, loh. Anda pasti sudah merasakannya ketika Anda harus mampu memenej waktu sebagaik mungkin sejak pagi hingga malam. Mulai dari mengurus suami, anak-anak, rumah, juga diri sendiri. Dan tak lebih pentingnya adalah mempunyai perencanaan untuk kesejahteraan keluarga Anda.

Biasanya nih seorang istri lah yang akan mengatur pengeluaran untuk keluarganya setelah suami menyetorkan gaji bulanannya. Nah Moms, ini juga bukan hal mudah, terutama jika saat muda Anda kurang terbiasa hidup hemat. Namun don’t worry, sekarang pun belum terlambat untuk memulainya.

1- Saat uang sudah di tangan, segera ambil kalkulator, pen, dan buku khusus. Tuliskan pemasukan bulan ini dan perkiraan jumlah pengeluaran selama bulan ini. Biasanya, masih akan ada yang tersisa kok.

2- Dari sisanya, ambillah minimal 10% untuk Anda tabung. Nah, tabungan ini adalah tabungan hari tua Anda, yang berarti tak boleh Anda ambil sebelum Anda tua nanti. 10% mungkin tampak terlalu sedikit, namun coba deh kalkulasikan jumlah 10% yang akan Anda tabung setiap bulan hingga tiba masa pensiun suami Anda. Banyak, kan?

3- Sisanya lagi, sisihkan untuk pengeluaran yang tak terduga. Bisa saja ini akan memakan 20% dari keseluruhannya. Namun, Anda juga mulai berhemat, sebagaimana disalir laman Money.howstuffworks.com, Anda bisa menekan jumlah tersebut, loh.

4- Ajak semua anggota keluarga Anda untuk berhemat. Tentunya akan sia-sia dong jika hanya Anda yang semangat berhemat sedangkan yang lainnya boros. Untuk itu, mulailah dengan rajin membawakan bekal untuk anak dan suami Anda dari rumah sebab akan signifikan loh bedanya dengan ketika mereka jajan di luar.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading