Sukses

Lifestyle

Primbon Tanggal Lahir Hijriyah, Apa Itu?

Ladies, primbon merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kecocokan antara Anda dan pasangan Anda. Dan salah satu cara mengetahui kecocokan tersebut adalah melalui perhitungan primbon tanggal lahir hijriyah.

Meski bagi beberapa di antara Anda primbon ini mungkin terdengar asing, tetapi tidak ada salahnya untuk menyimak dan menambah pengetahuan. Iya kan, Ladies?

Seperti yang bisa Anda duga dari namanya, primbon Hijriyah memang mendasari perhitungan pada kalender Hijriyah yang menggunakan pergerakan bulan sebagai basis hitungannya. Sebenarnya, perhitungan kalender Jawa atau Saka juga didasari pada angka tahun Hijriyah juga.

Contoh, baik bulan Sapar dalam kalender Jawa maupun bulan yang sama dalam tahun Hijriyah merupakan bulan yang selalu dihindari sebagian besar orang, khususnya jika akan melangsungkan pernikahan. Pasalnya, seperti dilangsir dari laman primbondonit.blogspot.com, kondisi tersebut dikarenakan banyaknya asumsi yang menyatakan kalau menikah pada bulan tersebut dikhawatirkan akan mendapatkan bala, musibah, dan sebagainya.

Sebaliknya, baik kalender Jawa maupun Hijriyah mempunyai jawaban yang sama terkait kapan sebaiknya Anda melangsungkan pernikahan, yakni pada bulan Syawal. Bahkan ada yang menjelaskan kalau termasuk dalam salah satu sunnah Islam untuk menikah di bulan ini.

Dari semua itu, laman konsultasisyariah.com menjelaskan bahwa semua hari pada semua bulan, Syawal atau yang lain, pastinya akan ada yang beruntung dan yang 'buntung'. Tinggal bagaimana Anda berikhtiar sekuat mungkin untuk mengupayakan yang terbaik bagi Anda.

So, begitulah kira-kira Ladies. Keputusan final ada di tangan Anda. Yang jelas, jodoh, mati, dan rejeki sudah ada yang mengatur. Mengamini yang bersifat positif dan meninggalkan yang negatif bisa jadi salah satu alternatif jawabannya.

Jadi, keep the spirit up ya Ladies!


Oleh: Pipit Pratiwi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading