Sukses

Lifestyle

Makna-Makna Simbolis Memetri Primbon Weton Jawa

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas memetri bersama arti dan benda-benda yang diperlukan. Anda mungkin tertarik dengan apa makna dibalik benda-benda tersebut. Tentu saja dalam primbon weton jawa, terutama saat upacara menghormati weton tersebut, semua benda-benda yang diwajibkan memiliki sebuah symbol. Mari kita simak berikut ini.

Disalir dari sabdadewi.wordpress.com, bubur jenang merah dan putih membawa arti agar dijauhkan dari segala mala petaka dan kesialan. Benda wajib ke-dua adalah kinang yang secara harfiah adalah meminang jiwa atau jiwa meminang raga. Komplitnya terdiri dari daun sirih, gamping, gambir, tembakau, dan pinang. Arti dari menyediakan kinang komplit adalah keseluruan yang saling melengkapi, bahwa kehidupan ini saling kait mengait atau melengkapi, jika di kurangi salah satunya menjadikannya kurang komplit.

Menurut sumber yang disalir pada www.tipsmencarijodoh.com, kembang setaman memiliki banyakarti, tergantung dari macamnya. Ada yang membawa arti agar selalu dijaga kewaspadaannya, agar selalu dikenang orang lain, selalu berbakti pada orangtua, dan supaya hatinya tidak pernah menginginkan hal-hal berbau negative. Sedangkan untuk kopi dan teh, minuman ini merupakan symbol rasa kasih saying kita kepada leluhur. Dengan menyiapkan minuman, diharapkan leluhur kita yang mampir bisa ‘melepas dahaga’.

Dupa ratus yang kedengarannya sedikit mistis sebenarnya membawa symbol sebagai pengharus ruangan. Wewangian dupa ratus membawa atmosfir romantic serta harum ke seluruh ruangan. Dupa ini juga merupakan penghubung dengan dunia halus. Damar lampu adalah symbol penerangan. Yang terakhir adalah symbol pakaian dimana pakaian itu diharapkan bisa menyalurkan energy positif kepada kita sendiri.

Demikian arti-arti dari benda-benda wajib untuk memetri weton. Jangan sampai melupakan salah satunya saat melakukan memetri, Ladies!

Oleh: Ayu Susanti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading