Sukses

Lifestyle

Yuk, Berkenalan dengan Si Ambivert!

Menurut Jung, terdapat dua jenis kepribadian yang digolongkan berdasarkan dimensi sikap seseorang: introvert dan ekstrovert. Sebelum berkenalan dengan ambivert, sebaiknya Anda mengetahui sejumlah fakta yang berkaitan dengan introvert dan ekstrovert terlebih dahulu.

Fakta Tentang Introvert dan Ekstrovert
Ada banyak informasi yang tumpang tindih antara orang dengan kepribadian introvert dan ekstrovert. Misalnya, orang yang kelihatannya pendiam dan pemalu tidak bisa langsung digolongkan sebagai orang dengan kepribadian introvert. Orang yang tampaknya suka berbicara dan bergaul dengan banyak orang bisa jadi berkepribadian introvert. Cara yang paling mudah untuk mengetahui seseorang berkepribadian introvert atau ekstrovert adalah dengan mencari tahu cara seseorang tersebut mengisi ulang energinya. Jika seseorang itu cenderung membutuhkan waktu untuk sendiri agar bisa mengisi ulang energinya, maka orang tersebut adalah seorang introvert. Jika seseorang tersebut baru bisa mengisi ulang energinya dengan berinteraksi dengan manusia lain, maka ia bisa termasuk seorang ekstrovert.

Di Mana Letak Ambivert?
Seperti yang dilansir oleh medindia.net, tidaklah mudah menggolongkan seseorang langsung masuk ke dalam kategori introvert atau ekstrovert. Kebanyakan orang memiliki kepribadian yang terdiri dari ekstrovert dan introvert. Bisa dibilang bahwa tipe ambivert adalah tipe yang berada di tengah dan campuran antara ekstrovert dan introvert. Orang dengan kepribadian ambivert bisa tampil sebagai seorang introvert dalam beberapa situasi tertentu tetapi ia bisa tampil sebagai seorang ekstrovert di situasi-situasi lainnya.

Keuntungan Menjadi Ambivert
Pada dasarnya setiap kepribadian memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk seorang ambivert, salah satu keunggulan atau keuntungan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh orang dengan kepribadian lain adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan dapat diterima di segala situasi dengan baik. Bagaimana? Apakah Anda mengenal seseorang dengan tipe kepribadian ambivert? Atau jangan-jangan Anda sendiri yang berkepribadian ambivert?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading