Sukses

Lifestyle

Berangkat Dari Nol, Begini Kisah Kantin Ie Suan Hingga Berhasil

Rezeki memang tidak akan ada yang tahu. Ketika rezeki sedang dalam masa kejayaan, bisa saja besok kita berada di bawah, begitu pun sebaliknya. Sebab hanya Tuhan yang dapat mengatur rezeki kita yah ladies.

Namun saat kita berjuang dan tak lupa berdoa, tentunya Tuhan akan melihat usaha kita. Seperti halnya wanita bernama Ie Suan. Sebelum dagangannya laris manis seperti sekarang, ibu dari tiga anak ini pernah merasakan sulitnya kehidupan.

"Sebelum punya kantin ini, saya kerja dulu di toko baju, setelah itu tidak langsung punya kantin. Saya harus berdagang asongan dulu, keliling mall untuk menawarkan dagangan," ujar Ie Suan saat ditemui di Kantin Ie Suan, Jakarta.

Hingga akhirnya ibu Ie, sapaan akrab Ie Suan, memiliki kios di ITC Mangga Dua yang cukup terbilang luas. Namun, tak semudah itu memiliki kios yang sudah ditempatinya selama lima tahun, ia pun mengandalkan teman-temannya untuk memberikan pinjaman modal usaha.

copyright by Vemale.com/Anisha

"Tadinya kantin ini ada di depan, tapi karena sempit jadi pindah ke belakang. Karena usaha saya memulainya dari nol, saya mencoba pinjam dari teman dan alhamdulilah dipercaya. Jadi usaha ini support teman-teman saya," ujar wanita asal Pontianak ini.

Ie pun menjajakan dagangan yang cukup variatif, mulai dari kue khas Pontianak hingga makanan berat. "Karena asli Pontianak, jadi saya menjual makanan khas kota saya," tambahnya.

Bahkan, Ie membuat sendiri beberapa makanan yang ia jual. Ia sudah mempersiapkan dagangannya mulai dari jam 4 subuh. Setelah itu, ia berangkat dari rumahnya di kawasan Ampera menuju ITC Mangga Dua menggunakan mikrolet. Sungguh perjuangan ibu yang patut kita contoh yah ladies.

Kegigihannya pun berbuah manis, kini ia mampu menyekolahkan tiga anaknya, membiayai kehidupannya di Jakarta, serta memiliki delapan karyawan yang membantunya berdagang. Jika kamu ke sini pada jam makan siang, dijamin kamu tidak akan mendapat tempat duduk sebab kantin sudah sangat penuh sesak dengan para pembeli. Bahkan, pelanggannya pun dari luar kota loh, seperti Lena yang rela jauh-jauh dari Cikarang untuk mencicipi makan Le.

copyright by Vemale.com/Anisha

"Saya sudah sering ke sini dari di pinggir lantai sampai kantinnya besar seperti ini. Bisa dibilang saya pelanggan setia. Makanan di sini variatif sekali, apalagi saya suka talas khas Pontianak. Selain enak, harganya pun terjangkau," ujar Lena.

Bu Ie pun memberikan tips nih buat kamu ladies yang ingin memulai usaha, ia mengatakan bahwa intinya kamu harus sabar dan menikmati setiap prosesnya.

"Tidak apa-apa coba kecil-kecilan dulu usahanya yang penting kita berusaha dan sabar. Apalagi kalau sudah punya anak, pasti apa saja buat anak jadi kita lebih semangat lagi", tutupnya.

Penasaran bagaimana rasa dari makanan Ie Suan? Kamu bisa datang ke ITC Mangga Dua Lantai 4. Kantin ini bukan dari jam 09:00-18:00 WIB. Jangan sampai kehabisan yah ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading