/vemalist/icip-icip/seni-dalam-membuat-latte-art.html

Seni Dalam Membuat Latte Art

Jum'at, 07 Juni 2013 14:04

Kali ini saat saya meneguk kopi di cafe langganan saya, saya diberi kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan coffee latte oleh seorang barista. Kebetulan Barista ini adalah teman saya, (Oppa Kelvin) Karena sangat sering berkunjung di coffee shop ini makanya boleh secara langsung melihat proses pembuatannya. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan secangkir latte yang manis dan menarik.

  •  Menggiling dan mengekstraksi kopi untuk melihat kadar kualitas kopi. Setelah itu kopi mengalami proses dosing di mana kopi ditakar sebanyak 14-16 gram tiap porta. Kopi yang telah ditakar diratakan di porta untuk dimasukkan di mesin expresso.

proses dosing

proses perataan kopi dalam porta

  •  Tahap kedua ini kopi mulai di olah dalam mesin espresso. Ada tiga tahap dalam pengolahan mesin espresso ini. Yang pertama adalah proses cleaning atau pembersihan mesin espresso. Yang kedua adalah memasukkan kopi yang ada dalam porta ke mesin espresso. Ketiga adalah extraction. Lamanya proses extraction ini tergantung dari proses blended dari kopi itu sendiri, biasanya kurang lebih selama 20 detik.

  • Proses yang ketiga untuk membuat coffee latte adalah steming milk. Suhu yang diperlukan untuk steming milk adalah 55ºC sampai 65ºC, tetapi biasanya para barista menggunakan suhu 60ºC untuk meghasilkan steaming milk yang baik. Proses steaming milk ini sendiri terdiri dari dua proses. Yang pertama adalah streching (proses pembuatan foam ± 3 detik ) dan rolling (proses menghaluskan foam).

  •  Tahap terakhir dari pembuatan coffee latte adalah proses pouring atau proses pencampuran antara espresso dan susu. Selama proses inilah art of coffee dibuat. Secara basic ada tiga jenis art of coffee yaitu love, rosetta, dan tulip. Pembuatan lukisan kopi ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

and here is the final of coffee latte with rosetta art

Buat kalian para pecinta latte, semoga nggak penasaran lagi gimana proses pembuatan latte yang bisa menghasilkan seni melukis kopi secara artistik. Enjoy reading coffee lovers ;)

Penulis
Chey Marise Yuanitaaaaa
http://www.facebook.com/chey.mariseyuanita

DISCLAIMER


Vemale.com tidak bertanggung jawab atas isi tulisan di atas, karena ditulis berdasarkan opini pembaca Vemale.com membuka kesempatan bagi seluruh pembaca vemale untuk berpartisipasi menjadi contributor vemale/vemalist


ARTIKEL TERKAIT - KULINER - ICIP ICIP
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 
ZODIAK HARI INI

Sagitarius

22 Desember - 28 Desemebr
Anda mungkin tidak akan menjalani hari yang baik di awal minggu...