Sukses

Beauty

Selain Bikin Awet Muda, Berkebun Bikin Panjang Umur

Saat seseorang sedang bekerja, khususnya mereka yang bekerja di dalam ruangan, di depan layar komputer atau sejenisnya akan membuatnya rentan berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan mulai dari obesitas, jantung maupun stroke. Apalagi, jika mereka yang bekerja di dalam ruangan ini terlalu banyak duduk dan menatap layar komputer. Sadar atau tidak, hal memiliki risiko yang benar-benar tinggi. Ia juga akan sangat rentan terhadap alzheimer, penuaan dini hingga mati muda. Lantas, bagaimana untuk bisa mencegah berbagai risiko ini terjadi?

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai risiko penuaan dini dan membuat umur menjadi lebih panjang. Cara tersebut tentunya adalah menjaga pola hidup yang sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan jangan sampai terlalu stres. Satu lagi, usahakan untuk perbanyak aktivitas di kebun alias tekuni aktivitas berkebun.

Para ahli mengungkapkan bahwa berkebun merupakan cara paling mudah agar seseorang bisa awet muda dan panjang umur. Aktivitas ini juga sangat memungkinkan seseorang memiliki daya ingat yang baik dan menjadikannya lebih cerdas, tidak mudah stres serta tidak mudah tersinggung. Para ilmuwan meyakini bahwa berkebun dengan menanam atau menyirami sayur serta bunga juga menyapu halaman bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis seseorang lebih terjaga dan sehat.

Seorang ahli lingkungan yakni Dr Ross Cameron dari Universitas Sheffield mengatakan bahwa, "Bercengkerama dengan alam adalah salah satu hal yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang, nyaman dan fokus. Berkebun adalah salah satu cara sederhana untuk bercengkerama dengan alam. Ruan yang hijau serta segar seperti halnya kebun akan membuat siapapun bisa lebih awet muda dan panjang umur. Ini sangat bagus untuk menjamin kesehatan fisik serta psikis seseorang menjadi lebih baik."

Sementara itu, John Macleod dari universitas yang sama mengatakan, "Bagi mereka yang tak punya banyak waktu untuk menikmati pemandangan alam di alam luas dan bebas, mereka bisa menikmatinya di taman atau halaman mereka yang ditumbuhi dengan tanaman berupa sayur serta bunga. Meski tak begitu luas, setidaknya taman adalah salah satu ruang yang bisa menyegarkan suasana. Seseorang yang senantiasa menyempatkan diri untuk berkebun dan mengurus tanamannya sendiri bisa lebih awet muda dan panjang umur."

Mengingat akan ajaibnya manfaat dari berkebun, mulai sekarang marilah semakin mencintai tanaman di rumah kita dan menyempatkan diri untuk berkebun. Tak hanya baik buat kesehatan fisik, aktivitas di kebun juga akan membuat kesehatan psikis semakin mengesankan dan sehat. Semoga, informasi ini bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading