Sukses

Beauty

Awas, Ini Lho Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan Manusia

Sekarang ini botol plastik memang ada di mana-mana. Hadirnya botol plastik memang membuat segala sesuatunya lebih praktis. Namun, sayangnya botol plastik ini menjadi salah satu limbah yang tak mudah terurai dan membuat bumi makin penuh dengan sampah. Selain itu ternyata botol ini tak boleh dipergunakan lebih dari sekali Ladies. Botol plastik menyimpan bahaya bagi tubuh manusia lho. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan dan bagaimana cara menyiasati botol plastik ini?

Plastik merupakan bahan sintetis yang diproduksi dengan menggunakan banyak senyawa. Sementara beberapa plastik yang dikenal dengan plastik PET memang aman digunakan, namun plastik ini hanyalah sekali pakai saja. Plastik ini biasanya digunakan sebagai botol kemasan minuman yang banyak dijual. Plasik ini tak boleh digunakan kembali karena saat didaur ulang akan ada proses kimia yang mana membuat plastik ini melepaskan zat kimia yang disebut dengan Bisphenol A (BPA). Nah, zat inilah yang memiliki efek tak baik untuk kesehatan tubuh Ladies.

Botol plastik juga mengandung zat kimia yang disebut dengan phthalates yang membuat plastik jadi fleksibel. Sayangnya zat ini bisa jadi pemicu masalah kesehatan seperti kanker liver, menurunkan jumlah sperma, dan masalah kesehatan reproduksi.

Karena itulah Ladies ada baiknya untuk lebih sering menggunakan gelas kaca atau bahan lainnya untuk mengurangi produksi limbah plastik. Limbah plastik ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diuraikan. Plastik membutuhkan sekitar 450 sampai 1.000 tahun untuk bisa diurai oleh tanah. Yuk jaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi limbah plastik dari sekarang.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading