Sukses

Beauty

4 Cara Agar Perutmu Tak Keroncongan Padahal Sudah Kenyang

Pernah mengalami perut kemerucuk atau keroncongan di pagi hari? Terkadang itu terjadi bukan karena kamu merasa lapar. Terkadang itu berasal dari pergerakan gas di dalam perut sehingga menimbulkan bunyi-bunyi kemerucuk di dalam perut.

Bisa jadi memalukan jika perut berbunyi di saat kamu rapat atau bersama dengan orang lain di tempat sepi. Untuk mengatasinya, lakukan cara-cara berikut ini.

    Jangan makan banyak

    Ketika kamu makan berlebihan, perut pasti akan penuh tapi akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Hal ini justru akan membuat perutmu berbunyi keras karena adanya gas yang terjebak di dalam perut, terdesak banyaknya makanan di perut.

    Makan perlahan dan kunyah hingga hancur

    Jangan makan terburu-buru, karena ternyata makan terlalu cepat bukan hanya tak baik untuk usus tapi juga membuatmu lebih banyak menelan udara. Makanlah perlahan dan kunyah dengan baik, sehingga makanan bisa dicerna dengan baik dan kamu tak menelan udara terlalu banyak.

    Hindari makanan penghasil gas

    Ada beberapa makanan yang menghasilkan gas, seperti misalnya sayur brokoli, kembang kol, soda, susu, kacang-kacangan, dan makanan cepat saji. Makanan-makanan ini biasanya menimbulkan zat sisa berupa gas sehingga memungkinkan perut mengalami kembung atau keroncongan.

    Jalan-jalan

    Atasi perut penuh gas dengan jalan-jalan sebentar. Olahraga ringan semacam jalan-jalan bisa membantu proses pencernaan lebih cepat, membuat gas tertekan keluar dari perut sehingga perutmu tak berbunyi.

Jadi, lain kali perutmu terasa berbunyi atau keroncongan, coba deh ingat-ingat apa penyebabnya dan atasi dengan cara di atas. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading