Sukses

Beauty

4 Penyebab Sakit Kepala Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Sakit kepala atau pusing merupakan salah satu kondisi yang tak hanya menyakitkan tapi juga menyebalkan. Karena sakit kepala, tidak jarang kita akan merasa mual juga letih dan lesu. Belum lagi, ketika kondisi sakit kepala telah merusak aktivitas sehari-hari. Berbicara mengenai sakit kepala, sakit kepala sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayang, tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Dikutip dari laman prevention.com, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab sakit kepala dan sering terjadi namun sangat jarang disadari.

    Dehidrasi

    Penyebab pertama yang akan membuat sakit kepala adalah dehidrasi. Ya, dehidrasi adalah salah kondisi yang akan meningkatkan risiko sakit kepala atau pusing. Dehidrasi juga akan membuat kita kurang fokus, letih, lesu dan tidak semangat. Mengenai dehidrasi sendiri, dehidrasi tak hanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih saja lho ya. Lebih jauh, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah.

    Bau Menyengat

    Sadar atau tidak, bau menyengat yang ada di sekitar kita juga akan meningkatkan risiko sakit kepala. Kenapa bau bisa menyebabkan sakit kepala? Jadi begini. Para ahli menyebutkan bahwa bau menyengat bisa membuat oksigen yang ada di kepala berkurang. Apalagi, jika hal ini dibarengi dengan adanya indera penciuman yang sensitif. Biasanya, bau menyengat yang bisa membuat kepala pusing atau sakit adalah bau parfum, cat, beberapa jenis bunga, bahan bahan minyak, produk pembersih dan asap rokok.

    Kebiasaan Konsumsi Kafein

    Buat kamu yang punya kebiasaan konsumsi kafein, usahakan untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Peneliti mengungkapkan bahwa kecanduan kafein bisa menyebabkan sakit kepala. Ketika kamu menghentikan atau tidak mengonsumsi kafein secara mendadak, hal ini akan membuat sakit kepala terjadi dengan sangat mudah dan cepat.

    Berdiri & Duduk Terlalu Lama

    Biasanya, berdiri dan duduk dalam waktu yang lama akan menyebabkan sakit kepala. Apalagi, jika setelah berdiri kamu duduk dengan cepat. Atau, setelah duduk dalam waktu yang lama kamu berdiri dengan cepat. Tak hanya berdiri dan duduk dalam waktu yang lama yang membuat sakit kepala, rasa bosan yang berlebihan, stres dan perasaan terkejut atau kaget juga akan membuat kamu lebih mudah terserang sakit kepala.

Ladies, itulah beberapa penyebab sakit kepala yang sering terjadi namun jarang disadari. Selain penyebab di atas, penyebab lain dari sakit kepala antaranya adalah tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, shock berlebihan, lapar, gejala stroke, sedang menderita flu juga kelelahan. Sudah semakin tahu apa saja penyebab dari sakit kepala bukan? Semoga, informasi ini bermanfaat dan semoga dengan adanya informasi ini kita semua lebih bisa mengantisipasi beberapa penyebab ini agar terbebas dari masalah sakit kepala.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading