Sukses

Beauty

Awas Salah Pakai Kosmetik Bisa Bikin Menopause Dini

Wanita memang tak bisa jauh-jauh dari yang namanya kosmetik. Setiap harinya setiap wanita menggunakan barang-barang yang mengandung bahan kimia seperti kosmetik, hairspray, dan lain sebagainya. Penggunaan yang salah dari bahan-bahan ini ternyata bisa menyebabkan menopause dini.

Dilansir oleh dailymail.com, wanita yang terekspos benda-benda tersebut dalam dosis tinggi dikatakan dapat mengalami menopause 2,5 tahun lebih dini dari perempuan lain. Bahan-bahan kimia di dalam produk-produk tersebut dapat menyebabkan perempuan berhenti haid 15 tahun lebih cepat.

Bahan pthalates yang terkandung dalam plastik, kosmetik, produk rumah tangga, dan pembungkus makanan ternyata dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan obesitas. Parahnya ada bukti bahwa bahan kimiawi tersebut dapat mempengaruhi otak anak lelaki menjadi lebih feminin.

Para peneliti pun mengatakan bahwa bahan kimiawi mengganggu sistem reproduksi perempuan, termasuk ovarium, dan itu berujung pada menopause dini. Perempuan yang punya jumlah pthalates terbanyak mengalami menopause 2,3 tahun lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Ini bisa jadi karena para wanita tersebut mengenakan kosmetik lebih banyak, meminum banyak minuman kemasan, atau memakan lebih banyak makanan yang dikemas.

Yuk sebisa mungkin batasi penggunaan barang-barang yang penuh bahan kimia ya Ladies. Ingat, mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading