Sukses

Beauty

Bahaya! 10 Makanan Ini Tak Boleh Dimakan Mentah

Kamu mungkin mengira bahwa semua makanan memang sewajarnya dimasak dulu sebelum bisa dimakan. Namun tak semua makanan harus dimasak, terkadang beberapa bahan makanan justru akan kehilangan gizinya jika dimasak atau terkena suhu panas.

Beberapa sayur memang bisa dimakan mentah, seperti wortel, kol, selada dan beberapa makanan lainnya. Namun ada beberapa bahan makanan yang memang tak boleh dimakan mentah, justru berbahaya untuk kesehatan. Ini 10 di antaranya.

    Kacang Merah

    Kacang merah mentah mengandung protein racun yang akan hancur jika terkena suhu panas atau melalui proses masak.

    Almond pahit

    Kacang almond ada yang berasa pahit dan ada yang manis, dan kamu tak boleh makan yang pahit dalam keadaan mentah karena mengandung hidrogen sianida yang bersifat racun dan mematikan.

    Kentang

    Pastikan kamu memasak kentang hingga benar-benar matang dan empuk karena kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menimbulkan sakit perut bahkan hingga pingsan atau lumpuh tak sadarkan diri.

    Talas

    Makanan jenis umbi-umbian ini juga jangan dicoba makan saat mentah karena kulitnya mengandung getah kalsium oksalat yang akan membuat kulit mati rasa, gatal dan iritasi bahkan bisa mengganggu ginjal.

    Singkong

    Singkong juga harus dimasak hingga matang dan empuk seperti layaknya kentang karena singkong mentah mengandung hidrogen sianida yang mematikan. Bisa menimbulkan tak sadarkan diri karena mengganggu sirkulasi oksigen dalam tubuh.

    Daun pepaya

    Getah daun pepaya, sama halnya seperti singkong dan almond, mengandung hidrogen sianida saat mentah. Itulah mengapa kamu harus merebusnya dulu hingga empuk, membuang airnya dan baru bisa diolah.

    Risin atau kacang tanaman jarak

    Meski mungkin tak umum dimakan, tapi jangan coba-coba memakannya mentah karena mengandung protein beracun yang mampu membunuh dengan cepat. Rasanya pun pahit, jadi kenapa harus mencobanya?

    Buah atau biji Zaitun

    Buah zaitun tak bisa dimakan mentah karena mengandung senyawa oleuropein. Tak sampai membunuh sih, namun rasanya sangat pahit hingga membuat mulut mati rasa. Namun tenang saja, mungkin kamu juga tak akan bisa menemukan yang mentah di pasaran.

    Jamur

    Jamur harus selalu dimasak karena jamur mentah mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut hingga mengganggu sistem gastrointestinal (pencernaan).

    Daging

    Daging hewan apa pun harus dimasak hingga matang, apalagi babi. Karena tak ada yang tahu bakteri dan potensi penyakit apa saja yang dibawa hewan dalam tubuh mereka. Daging apapun harus dimasak dengan benar baru bisa dimakan.

Itu dia sekian makanan yang tak boleh sekalipun dimakan dalam keadaan mentah. Jangan sekali-kali mencobanya saat mentah ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading