Sukses

Beauty

Atasi Bintitan Tanpa Salep Antibiotik? Contek 3 Obat Rumahan Ini

Bintitan atau infeksi pada kelopak mata akibat masuknya benda asing atau bakteri, rasanya memang mengganggu. Seperti ada bisul yang mengganjal, terasa nyeri saat mengatupkan kelopak mata. Parahnya, terkadang bintitan ini juga membuat mata kita mengeluarkan cairan terus-menerus. Duh, sungguh tak nyaman.

Bintitan atau yang disebut hordeolum biasanya sebabkan karena kotoran, make up atau bakteri yang menginfeksi kelenjar di kelopak mata. Bakteri nakal yang 'bertanggung jawab' atas bintitan pada manusia adalah bakteri staphylococcus, meski tak menutup kemungkinan masuknya bakteri jenis lainnya juga ke mata.

Untuk kamu yang sering menggunakan make up mata, terutama, sangat rentan terkena bintitan. Faktor penyebabnya adalah kurangnya kebersihan saat mengaplikasikan make up ke mata, bahan kimia dalam make up yang tidak cocok di mata atau malas membersihkan make up mata segera setelah selesai. Faktor lainnya yang juga berkontribusi atas bintitan ini adalah stres dan perubahan hormon.

Biasanya dokter akan memberikan salep antibiotik untuk mengurangi peradangan pada kelopak mata yang terinfeksi. Tetapi jika kamu ingin mengobati bintitan dengan pengobatan rumahan, bisa juga lho. Berikut ada 3 cara mengobati bintitan dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, dilansir dari laman top10homeremedies.com:

    Teh Hijau

    Seduh teh hijau yang dikemas dalam tea bag, ke dalam air hangat selama beberapa menit. Peras hingga airnya berkurang, kompreskan ke mata selama 5 menit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari hingga bintitan mengempes.

    Kunyit

    Parut kunyit sekitar 1 sendok makan. Campurkan dengan 2 cangkir air dan rebus hingga air rebusan berkurang setengahnya. Dinginkan, lalu saring menggunakan kain. Gunakan ramuan ini untuk mengompres mata, 2-3 kali sehari.

    Lidah Buaya

    Potong lidah buaya segar dan ambil bagian dagingnya. Gosokkan cairan kental di bagian dagingnya ke mata, diamkan kurang lebih 20 menit. Basuh mata dengan air hangat hingga bersih. Ulangi cara ini 5 kali sehari.

Mata merupakan bagian vital tubuh kita. Yuk kita rawat dan jaga sebaik-baiknya. Semoga informasi ini berguna untukmu, Ladies.

 

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading