Sukses

Beauty

Ketika Tertawa, 5 Hal Mengagumkan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Saat bahagia, seseorang pasti akan tertawa atau tersenyum lepas. Menariknya lagi, tertawa lepas ini biasanya akan dilakukan secara spontan dan tanpa bisa direkayasa atau direncanakan sebelumnya. Selain mengungkapkan perasaan bahagia, tertawa juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, pikiran lebih rileks dan aura positif dalam tubuh terlihat dengan baik.

Dikutip dari laman helpguide.org, tertawa adalah suatu aktivitas yang bermanfaat. Ketika tertawa, ada banyak hal mengagumkan yang akan terjadi di tubuh. Sebagian besar hal tersebut bahkan merupakan hal yang sangat bermanfaat dan menjamin tubuh menjadi lebih sehat. Inilah sedikitnya 5 hal mengagumkan yang akan terjadi di tubuh saat kita tertawa.

    Meredakan Stres

    Hal pertama yang akan terjadi di tubuh saat tertawa adalah meredanya stres atau perasaan takut, perasaan kecewa juga perasaan marah. Paul E McGhe, Ph.D mengungkapkan bahwa tertawa lepas akan membuat hormon penyebab stres menjadi berkurang. Ketika hormon stres ini berkurang, tentunya tertawa bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia.

    Kalori Dalam Tubuh Terbakar

    Para ahli percaya bahwa kalori dalam tubuh akan terbakar secara perlahan saat seseorang tertawa. Kenapa kalori bisa terbakar? Hal ini terjadi karena tertawa adalah salah satu aktivitas yang membuat tubuh bergerak dengan intens. Ya, walaupun sering kali kita tak pernah menyadari akan hal itu. Nah, kalau kamu ingin langsing dan kalori di dalam tubuh terbakar, jangan lupa untuk sering-sering tertawa ya. Tertawa bisa dilakukan dengan bercanda bersama pasangan, sahabat atau teman. Tertawa juga bisa dilakukan dengan menonton acara TV yang lucu dan menghibur.

    Daya Ingat Meningkat

    Nah, buat kamu yang sering bermasalah dengan daya ingat, cobalah untuk sering-sering tertawa. Karena apa? Karena, tertawa dipercaya bisa membuat daya ingat seseorang bekerja dengan baik. Apalagi, mengingat bahwa tertawa bisa melepas hormon stres. Saat pikiran jauh dari stres dan lebih tenang serta bahagia, hal ini tentunya akan membuat kemampuan berpikir menjadi lebih baik dan mengesankan.

    Imun Tubuh Meningkat

    Ketika tertawa, pikiran akan memproduksi hormon serta perasaan positif. Dengan begitu, imun atau sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Para ahli juga mengungkapkan bahwa tertawa cenderung memicu pelepasan rasa sakit di tubuh sekaligus mengendurkan otot-otot yang kaku akibat sakit.

    Jantung Lebih Terlindungi dan Sehat

    Hal mengagumkan selanjutnya yang akan terjadi di tubuh selama kamu tertawa adalah jantung menjadi lebih sehat dan terlindungi. Hal ini mengingat bahwa aktivitas tertawa telah membantu seseorang melepaskan berbagai hormon penyebab stres dan hal lain yang memicu semakin parahnya risiko jantung, liver atau berbagai penyakit lainnya.

Itulah beberapa hal mengagumkan yang akan terjadi pada tubuh saat kita tertawa. Mengingat banyaknya hal baik yang didapatkan, tentunya kita akan lebih sering tertawa dan mencoba menjadi pribadi yang lebih bahagia bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading