Sukses

Beauty

5 Cara Menyelamatkan Mata Jika Kamu Kerja Terus Di Depan Komputer

Komputer memang menjadi benda yang dibutuhkan banyak orang dalam melakukan pekerjaan modern masa kini. Tapi sayangnya bekerja terlalu lama dan setiap hari di depan komputer juga tak baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mata.

Mata bukan hanya lelah, tapi juga bisa mengalami stres dan sindrom computer vision yang mengakibatkan penglihatan kabur, sakit kepala, dan penglihatan dobel. Dan parahnya, 50-90% orang yang bekerja di depan komputer mengalami masalah ini. Ini yang kamu butuhkan untuk menolong matamu.

    Pijat mata

    Paling tidak enam kali sehari pencet dan pijat memutar perlahan matamu selama 10 detik. Cara ini bisa merangsang pelepasan minyak dari kelenjar mata yang mencegah mata kering dan lelah.

    Tetes mata

    Obat tetes mata berfungsi mengatasi mata kering dan membuat matamu lebih segar. Ketika kita fokus dengan layar komputer, jumlah kedipan mata per menit akan berkurang. Hal ini menyebabkan permukaan mata mengering.

    Atur posisi dan pencahayaan

    Atur jarak pandangmu dari layar komputer. penting menjaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan layar komputer. Pencahayaan di ruang kerja sebaiknya tidak terlalu terang maupun gelap. Layar komputer jangan terlalu terang untuk mengurangi radiasi pada mata.

    Lindungi mata dengan kacamata

    Untuk mengurangi radiasi sinar komputer, lindungi mata kamu dengan kacamata optik khusus untuk komputer atau kontak lens untuk komputer. Konsultasikan dengan dokter mata.

    Banyak istirahat

    Jika lelah atau sudah cukup lama, ambil jeda untuk melihat ke arah lain atau istirahat untuk ke kamar mandi, ke pantry dan lain sebagainya untuk menyegarkan mata.

Berkurangnya kemampuan penglihatan karena komputer memang umum terjadi, namun jangan kemudian menganggapnya wajar. Mata adalah indera penting yang patut dijaga kesehatannya, tak mau kan sakit mata di usia muda?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading