Sukses

Beauty

Habis Begadang, Lakukan Ini Biar Nggak Ambruk

Habis begadang semalaman? Atau jam tidur lebih sedikit dari biasanya? Kesibukan atau beban kerja yang banyak biasanya membuat kita harus mengorbankan jam tidur kita. Begadang semalaman pun tak bisa dihindari.

Hanya saja sekarang masalahnya, setelah begadang tubuh bisa terasa sangat lelah. Beraktivitas seperti biasa juga rasanya berat sekali. Biar tubuh tetap fit dan nggak ambruk, coba lakukan hal-hal ini setelah kamu begadang seharian.

Lakukan Kegiatan Seperti Biasa
"Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah segera kembali ke rutinitas harian secepatnya," terang Shalini Paruthi, M.D., rekanan dari American Academy of Sleep Medicine juga direktur di Pediatric Sleep and Research Center, Saint Louis University seperti yang dilansir oleh womenshealthmag.com. Biasa setelah begadang dan hanya bisa tidur sebentar, otak dan tubuh rasanya ingin mengajak kita kembali tidur. Kalau kita menurutinya, produksi hormon akan sedikit berubah.

Untuk mengingatkan tubuh bahwa segala sesuatunya tetap normal, kita perlu melakukan kegiatan seperti biasa. Mengonsumsi makanan seperti biasa, beraktivitas rutin normal, dan mengikuti jadwal harian seperti sebelumnya. Hanya saja hati-hati jangan sampai mengonsumsi karbohidrat berlebihan. Kenapa? Karena bisa mengakibatkan naiknya kadar serotonin yang bisa memberi efek menenangkan dan bikin mengantuk.

Minum Kopi
Ingin mata langsung melek? Minum kopi bisa jadi jalan keluarnya. Cobalah untuk minum dengan dosis kecil dulu, sekitar 50-100 gram dan diminum pukul 09.30, 12.00, dan 14.30. Hati-hati jangan sampai berlebihan. Kalau jantungmu berdebar cepat atau sakit kepala, itu jadi sinyal kalau kamu sudah kelebihan kafein.

Coba Nap-a-Latte
Michael Breus, Ph.D., seorang sleep specialist membuat teknik yang dipercaya ampuh atasi rasa mengantuk setelah begadang seharian. Caranya dengan minum sekitar 180 cc kopi yang dicampur dengan es batu. Habiskan lalu tidur sekitar 25 menit.

"Anda bisa mendapatkan cukup tidur tahap 1 hingga 2 untuk mengurangi rasa kantuk dan efek kafein bisa langsung dirasakan saat bangun," kata Breus. Cara ini dipercaya bisa memberi energi selama empat jam ke depan. Tapi usahakan nap-a-latte ini dilakukan sebelum jam 2 siang agar tak mengganggu jam tidur malammu.

Tidur Lebih Awal di Malam Selanjutnya
Kalau semalam cuma tidur lima jam, coba malam nanti tidur tujuh sampai delapan jam. Tujuannya agar tubuh bisa segera bugar dan siklus biologis tubuh tak banyak terganggu.

Setelah begadang, biasanya tubuh akan terasa luar biasa lelah. Sebaiknya hindari kegiatan menyetir atau melakukan kegiatan yang menguras banyak pikiran. Biasanya emosi akan kurang stabil saat kita kurang tidur. Jadi lebih hati-hati lagi saat beraktivitas seharian.

Jangan lupa untuk minum cukup air putih, ya Ladies. Biar tubuh nggak kekurangan cairan dan tetap sehat. Nggak mau kan tubuh jadi jatuh sakit karena begadang?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading