Sukses

Beauty

Sarapan Sehat, Yuk Sesuaikan Porsi dengan Jumlah Kalori Harian

Banyak dari kita yang (mungkin) sering melewatkan sarapan dengan alasan tak sempat karena terlalu sibuk, sedang diet untuk turunkan berat badan, atau bahkan karena malas repot-repot di pagi hari. Kalaupun menyempatkan sarapan, umumnya kita mungkin akan cenderung makan seadanya yang ada di jangkauan kita, agar tak terlalu repot, misalnya roti dan susu.

Melewatkan waktu sarapan sebenarnya bukan merupakan pilihan yang bijak dalam kebiasaan harian Anda. Sebab, sarapan adalah waktu makan terpenting bagi tubuh dan sudah seharusnya jika Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang komplit. Seperti disebutkan dalam laman greatist.com, sarapan seharusnya dilakukan satu atau dua jam sebelum melakukan aktivitas fisik setiap harinya, dan dalam menu sarapan harus mengandung setidaknya lima nutrisi penting, beberapa di antaranya adalah karbohidrat, serat, serta protein.

Karbohidrat bisa didapatkan dari kraker, roti, bahkan nasi. Sementara serat bisa didapatkan dari buah serta sayur seperti bayam, brokoli, pisang, ataupun apel. Jika tak ingin mengonsumsinya secara langsung, buah dan sayur ini bisa dijadikan jus. Tapi, pastikan untuk tidak menyaring jus buah dan sayur sebelum mengonsumsinya, sebab jika disaring seratnya tidak akan ikut dikonsumsi.  Selanjutnya, untuk mendapatkan asupan protein, Anda bisa mengonsumsi telur atau ikan, atau dengan meminum susu.

Meski sarapan dianggap penting, tapi pastikan porsi makan tidak melebihi kebutuhan kalori harian. Rata-rata wanita membutuhkan kalori untuk beraktivitas seharian antara 1.700 - 2.000 kalori yang terbagi dalam tiga makan besar dan tiga makan ringan. Nah, jika demikian maka untuk sarapan, rata-rata jumlah kalori yang disarankan adalah sekitar 500 kalori, Ladies.

Meski sarapan seringkali dianggap merusak diet, namun nyatanya, sarapan - dengan jumlah kalori yang tepat - selain dapat menjaga kesehatan jangka panjang dan membantu tubuh beraktivitas lebih maksimal seharian, juga dapat membantu turunkan berat badan. Sebab, rajin sarapan membuat kita lebih disiplin dalam menjaga pola makan dan terhindar dari ngemil tak sehat.

So, mulai sekarang rutinkan sarapan dan sesuaikan porsinya ya! Ingat, diet bukan berarti Anda harus menyiksa tubuh Anda sendiri lho! Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading