Sukses

Beauty

7 Alasan Dehidrasi Buruk Untuk Tubuhmu

Tubuh memiliki kandungan air kurang lebih 75% dan itulah alasan mengapa kamu tak akan bisa hidup tanpa air. Kamu tetap bisa hidup meski tak makan makanan padat, namun kamu tak akan bisa bertahan jika tanpa air. Begitu pentingnya peran air hingga tubuh juga menunjukkan reaksi buruk ketika kamu kekurangan air atau mengalami dehidrasi, seperti berikut ini.

    Bau Mulut

    Ketika kamu mengalami bau mulut, ini bisa jadi tanda bahwa kamu dehidrasi. Kurangnya cairan tubuh menyebabkan berkurangnya air liur yang diproduksi tubuh untuk membasahi rongga mulut. Ketika mulut kering, inilah kesempatan baik bakteri berkembang biak sehingga menyebabkan bau tak sedap. Itulah mengapa saat kamu puasa, kamu juga mengalami bau mulut.

    Membuatmu ingin makan makanan manis

    Otak sering salah mendefinisikan rasa haus dengan rasa lapar, terutama ketika kamu dehidrasi saat setelah olahraga. Karena saat olahraga, tubuh menggunakan glikogen dalam jumlah banyak, itulah mengapa kamu lebih tertarik makan gula dan segala makanan manis yang bisa memuaskan nafsu makan. Padahal, sebenarnya kamu sedang haus.

    Gampang lelah saat olahraga

    Olahraga perlu dilakukan dengan benar, jika tidak, kamu tak akan bisa mendapatkan hasil optimal membentuk otot atau membakar kalori tubuh. Saat dehidrasi tekanan darah turun , detak jantung lebih cepat sehingga kamu jadi mudah lelah dan tidak maksimal bergerak sesuai latihan yang benar. Kamu jadi mudah lelah dan mudah kram otot karena kurang cairan tubuh.

    Kulit kering

    Kurangnya cairan dalam tubuh juga menyebabkan kulit jadi kering. Sel-sel kulit jadi menyusut dan kulit jadi kusam. Kebutuhan air putih setiap orang bisa berbeda, jika kamu sering olahraga atau suka minum kopi, maka air putih juga perlu ditambah karena bisa membuat kulit kering. Kulit kering dan terkena matahari bisa mempercepat kerusakan kulit.

    Menurunkan konsentrasi

    Saat tubuh kurang cairan, hal ini juga mempengaruhi asupan air ke dalam otak, apalagi saat pagi hari. Kurang minum atau dehidrasi bisa membuat kamu tak fokus dan kurang konsentrasi saat menyetir dan melakukan berbagai sesuatu. Itulah mengapa kamu disarankan minum paling tidak 1 gelas penuh air pagi hari setelah bangun tidur.

    Membuat mood naik turun

    Dehidrasi juga mempengaruhi mood seseorang, orang jadi mudah tersinggung dan sensitif saat dehidrasi. Orang jadi lebih moody karena tubuh jadi mudah lelah, tak fokus dan lain sebagainya.

    Merusak ginjal

    Kurang minum air putih hingga dehidrasi bisa merusak ginjal hingga gagal ginjal karena ginjal jadi bekerja lebih keras menyaring darah yang mengental.

Itulah mengapa menjaga tubuh dari dehidrasi itu penting. Selain menjaga kesehatan tubuh, minum air putih yang cukup juga menjaga kesehatan pikiran dan mental.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading