Sukses

Beauty

Beratmu Saat Lahir Dulu Prediksikan Kesehatan Hingga Dewasa

Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan seseorang, mungkin saja bisa kita lihat dan prediksi dari pola hidupnya sehari-hari. Kalau tidak begitu, bisa saja diprediksi dari riwayat keluarganya. Kalau seseorang lahir dari keluarga yang menderita diabetes, kemungkinan besar orang ini juga akan menderita diabetes suatu saat nanti. Atau, orang yang punya orang Tapi nih ya, terlepas dari itu semua, dikutip dari laman prevention.com, prediksi kesehatan seseorang saat dewasa juga bisa dilihat dari keadaan kelahirannya.

Keadaan kelahiran ini bisa berupa berat badan saat lahir, urutan lahir dan usia ibu saat melahirkan. Dan berikut penjelasannya.

    Berat Badan Saat Lahir

    Berdasarkan hasil survei juga penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Manchester menemukan bahwa lebih dari 400 ribu orang yang lahir dengan berat badan lebih dari 10 pon atau 4,5 kg dan kurang dari 6 pon atau 2.7 kg berpotensi mengalami masalah pada kesehatan mata, kesehatan telinga dan masalah kognitif saat dewasa.

    Kenapa hal ini bisa terjadi? Para peneliti mengatakan bahwa kecukupan gizi dan nutrisi selama di kandungan sangat berpengaruh pada kesehatan janin. Janin yang kurang atau pun kelebihan gizi akan rentan terjangkit beberapa penyakit. Bukan hanya itu saja, pengaruh gizi dan nutrisi ternyata juga berdampak buruk pada pertumbuhan sejumlah hormon yang tidak normal sehingga memungkinkan berpengaruh pada perkembangan saraf.

    Urutan Kelahiran

    Hal kedua yang bisa menunjukkan prediksi kesehatan seseorang saat dewasa adalah urutan kelahiran. Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap 13 ribu pasangan saudara di Swedia ditemukan bahwa mereka yang lahir sebagai anak pertama atau di urutan pertama akan rentan mengalami masalah pada berat badan. Para peneliti menduga bahwa hal ini terjadi sehubungan dengan perbedaan kondisi dan kemampuan plasenta dalam mengalirkan darah di kelahiran pertama dengan kelahiran-kelahiran selanjutnya.

    Usia Ibu Saat Melahirkan

    Selain berat badan saat lahir dan urutan kelahiran, hal selanjutnya yang juga bisa memprediksi kondisi kesehatan seseorang saat dewasa adalah usia ibu saat melahirkan orang tersebut. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Psychological Association (APA) mengungkapkan bahwa seseorang (khususnya wanita) yang lahir dari ibu dengan usia di atas 30 tahun berpotensi mengalami depresi, stres, kecemasan dan ketakutan saat orang-orang itu berusia 20 tahunan.

    Bagaimana bisa hal ini terjadi? Jadi begini, hal ini terjadi karena di usia yang sudah tidak muda lagi alias di atas 30 tahun, ibu akan merasa cemas dan begitu khawatir dengan kesehatannya maupun kesehatan janin di kandungannya. Karena perasaan cemas inilah, ibu akan memberikan pola asuh yang berbeda. Pola asuh yang berbeda inilah yang dikatakan bisa berpengaruh pada tingkat kecemasan anak saat ia dewasa.


Well, gimana nih dengan kamu. Apakah kamu sudah bisa memprediksi kesehatan kamu atau orang di sekitarnya jika melihat keadaan kelahiran seperti berat badan saat lahir, urutan kelahiran dan usia ibu saat melahirkan? Sebenarnya, prediksi kesehatan seseorang tak bisa hanya dilihat dari keadaan kelahiran saja. Pada dasarnya, pola hidup sehari-harilah yang bisa menentukan sehat tidaknya seseorang. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga, kita selalu bisa menerapkan pola hidup sehat dan dijauhkan dari segala berbagai masalah kesehatan baik masalah ringan hingga masalah berat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading