Sukses

Parenting

Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Kamu Sehat

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi untuk melakukan detoksifikasi darah dan membantu tubuh dalam menyaring produk limbah melalui urin. Selain itu fungsi lain ginjal adalah membuang kelebihan air dari tubuh. Ginjal juga membantu mempertahankan air ketika tubuh membutuhkan lebih banyak.

Jika ginjal kamu bermasalah, maka hal penting di atas tidak dapat berjalan dengan baik. untuk itu kamu perlu menghindari kebiasaan yang dapat merusak fungsi ginjal, seperti yang dilansir top10homeremedies.com berikut:

  1. Mempertahankan kandung kemih penuh untuk waktu yang lama atau menunda ingin buang air kecil adalah salah satu alasan utama di balik kerusakan ginjal. Ketika urine tetap dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam urin untuk berkembang biak. Pada gilirannya, bakteri ini berbahaya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Selain itu, mempertahankan urin meningkatkan tekanan pada ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia.

  2. Menurut National Kidney Foundation, orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas setiap hari cairan untuk menjaga ginjal sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa minum terlalu banyak air juga bisa keras pada ginjal kamu. Jadi, jangan berlebihan.

  3. Teratur makan terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan kerusakan besar untuk ginjal kamu serta masalah kesehatan lainnya. Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Ketika asupan garam yang tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun, menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

  4. Penggunaan analgesik atau obat pereda nyeri dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan memburuk fungsi ginjal. Selain itu, penggunaan secara jangka panjang analgesik dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstitial kronis.

Menjaga fungsi ginjal agar tetap berjalan dengan baik sangat penting. Tetap menjaga pola hidup sehat akan menghindarkan kamu dari penyakit gagal ginjal. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading