Sukses

Beauty

Tiba-Tiba Ada Bercak Merah Keunguan di Tubuhmu? Jangan Disepelekan, Ladies!

Ladies, pernahkah kamu secara tiba-tiba menemukan bercak merah keunguan menyerupai memar di tubuhmu? Padahal kamu tidak merasa pernah jatuh atau terbentur sesuatu. Bercak keunguan atau kebiruan di tubuhmu itu jangan disepelekan karena ternyata bisa 'bicara' tentang kesehatan organ dalammu lho.

Dilansir oleh thehealthsite.com, kemunculan bercak berwarna merah keunguan atau kebiruan di kulit secara tiba-tiba disebut purpura. Purpura adalah kondisi yang muncul karena reaksi obat, infeksi di dalam tubuh hingga masalah serius yang terjadi di organ internal tubuhmu. Dalam beberapa kasus, kondisi seperti ini dapat mengakibatkan penyakit yang disebut idiopathic thrombocytopenic purpura atau ITP.

ITP adalah suatu kelainan akibat pendarahan luka. Jika luka yang dialami mengakibatkan ITP, maka sistem kekebalan tubuh menyerang trombosit yang diperlukan untuk pembekuan darah sehingga menyebabkan purpura. Juga, jika seseorang menderita infeksi atau penyakit yang menyebabkan pembuluh darah pecah, maka ia akan mengalami kondisi ini.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk. Biasanya kita cenderung menyepelekan gejalanya, tetapi segera bawa ke dokter jika ada bintik-bintik berwarna merah atau ungu pada kulit.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading