Sukses

Beauty

Cukupi Asupan Kalsium Untuk Tulang dan Gigi Kuat

Asupan kalsium sangat penting kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang kuat akan mencegah kamu dari osteoporosis, serta gigi yang mudah keropos. Selain itu kalsium juga membantu mengatur fungsi saraf serta mengatur keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penipisan dan melemahnya tulang. Jika kamu kekurangan kalsium dapat dilihat dengan adanya kejang otot, kehilangan memori, depresi, mati rasa dan kesemutan pada tangan dan kaki.

Untuk mencukupi asupan kalsium dalam tubuh kamu dapat melakukan hal berikut, seperti yang dilansir top10homeremedies berikut:

  1. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, antara lain: susu tanpa lemak, sayuran berwarna hijau, sereal, jus jeruk, dan kacang kedelai.

  2. Berjemur di sinar matahari pagi, akan membantu pembentukan Vitamin D yang berfungsi untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Berjemur di sinar matahari selama 10 sampai 15 menit, tanpa krim tabir surya akan membantu mensintesis Vitamin D dalam tubuh.

  3. Makan makanan yang kaya akan Vitamin D, antara lain: keju, hati, mentega, udang dan tiram. Kamu juga dapat minum suplemen Vitamin D, tentu saja tetap dengan pengawasan dokter.

  4. Makan makanan yang mengandung magnesium. Seperti yang diketahui, magnesium membantu tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium. Beberapa makanan yang mengandung magnesium antara lain: bayam, sawi, brokoli, mentimun, alpukat, almond dan kacang mede.

Selain makanan pendukung untuk menghasilkan kalsium dalam tubuh, kamu juga harus menghindari makanan yang dapat mencegah penyerapan kalsium antara lain minuman bersoda, kafein, dan makanan yang terlalu banyak garam. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading