Sukses

Beauty

Ingin Cepat Bugar Usai Sakit? Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Habis sakit, tubuh biasanya akan terasa lemas dan pusing. Kalau tak ditangani dengan baik, bisa jadi kita akan kembali jatuh sakit lagi. Nggak mau kan?

Nah, supaya bisa cepat pulih dan tubuh kembali bugar setelah sakit, coba konsumsi lima jenis makanan ini. Saat kebutuhan gizi, nutrisi, dan vitamin terpenuhi, maka kita bisa kembali sehat seperti sedia kala lebih cepat.

    Makanan Mengandung Protein

    Semua sel, jaringan, dan organ tubuh sebagian besar terbuat dari asam amino, zat penyusun yang terkandung dalam makanan kaya protein. Dikutip dari laman livestrong.com, Harvard School of Public Health merekomendasikan agar kita mengonsumsi 46-56 gram protein setiap harinya. Sejumlah makanan sumber protein yang baik, antara lain daging sapi, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, telur, tahu, susu rendah lemak, dan produk ternak sapi. Batasi konsumsi daging merah dan hindari daging olahan seperti sosis dan daging asap yang mengandung bahan pengawet serta sodium berlebih.

    Buah dan Sayur

    Agar sistem pencernaan lancar setelah sakit, konsumsi buah dan sayur segar. Buah dan sayur juga kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh mengeluarkan racun lebih efektif. The Cleveland Clinic menyarankan konsumsi lima porsi buah dan sayur tiap harinya, satu porsi ini ukurannya bisa secangkir buah beri, sepotong buah melon, satu buah pisang ukuran sedang, 2 sdm buah kering, setengah buah jeruk bali, atau 1 cangkir sayur segar.

    Makanan Mengandung Vitamin C

    Nutrisi seperti vitamin C bisa memulihkan sistem kekebalan tubuh kembali. Vitamin C juga bisa melindungi sel-sel dari kerusakan. Untuk orang dewasa, konsumsi vitamin C rata-rata cukup 75-90 miligram per hari. Sumber vitamin C juga beragam, mulai dari buah seperti jeruk dan tomat hingga aneka sayuran segar.

    Probiotik yang Mengandung Bakteri Baik

    Probiotik adalah bakteri baik yang ditemukan di jenis makanan tertentu seperti yogurt. Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2007 di British Medical Journal menemukan bahwa minuman probiotik mengandung bakteri sehat L bulgaricus, L casei, dan S thermophilus. Para peneliti juga menyarankan agar probiotik dikonsumsi rutin untuk mempercepat masa penyembuhan.



Selain mengonsumsi makanan tertentu, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Jangan sepelekan pentingnya minum air putih setiap hari. Agar tak dehidrasi karena dehidrasi bisa berdampak buruk bagi tubuh seperti sakit kepala, mual, tubuh lemas, dan pusing. Apalagi jika sebelumnya saat sakit, kita sudah kehilangan banyak cairan akibat diare dan muntah-muntah.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading