Sukses

Beauty

Mudah Jengkel Dengar Orang Mengunyah Makanan? Kamu Menderita Misophonia

Setiap orang punya gaya makan berbeda, kamu mungkin akan menemui orang yang suka makan sambil bicara, orang yang makan dengan cepat, ada juga yang hanya makan makanan tertentu, dan ada orang mungkin suka makan hingga mengeluarkan suara.

Terkadang seseorang sangat tidak suka mendengar orang yang makan hingga bersuara. Jika kamu kebetulan sangat benci mendengar orang yang makan hingga mengeluarkan suara, hati-hati Ladies, mungkin kamu punya misophonia. Apakah itu?

Dikutip dari lifehack.org, berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2013, jika kamu benci sekali mendengar suara orang mengunyah dengan keras, bisa jadi kamu menderita misophonia. Misophonia sendiri bisa diartikan sebagai kebencian terhadap suara.

Bukan berarti mereka yang punya misophonia benci semua suara, hanya saja suara mengunyah makanan dengan berisik menimbulkan rasa cemas, risih dan perasaan tidak nyaman lainnya. Bahkan beberapa ada juga yang benci mendengar suara klik mouse, pena atau tepung tangan.

Umumnya, mereka yang memiliki misophonia adalah mereka yang juga menderita tinnitus. Banyak yang menanyakan apakah hal ini merupakan salah satu gangguan psikologis sendiri seperti OCD atau semacamnya. Karena jika mereka mengalami "kebencian" mereka secara berulang-ulang, orang dengan misophonia bisa mengembangkan depresi akut.

Bisa jadi ini adalah gangguan psikologis, dan untuk mengatasinya, penderita yang sudah merasa sangat terganggu bisa menjalani terapi atau tes tertentu. Menirukan suara yang mengganggu justru bisa mendorong penderita bisa menghadapi ketakutannya sehingga gangguan ini bisa dihilangkan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading