Sukses

Beauty

Kecanduan Kopi Dan Ingin Terlepas Darinya? Ikuti Cara Cerdas 7 Hari Ini

Seperti yang kita tahu, kopi merupakan salah satu minuman atau makanan yang mengandung kafein tinggi. Jika dikonsumsi secara terus-menerus, tentu kafein sangat tidak baik bagi kesehatan. Awalnya, mengkonsumsi kopi mungkin akan membuat pikiran menjadi tenang, rileks dan senang. Tapi, jika kopi dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan, hal ini bisa memperberat kerja kelenjar adrenalin dalam tubuh, meningkatkan kadar asam, menyebabkan gangguan tidur dan berbagai masalah lain.

Meski begitu, mereka yang telah jatuh cinta pada kopi, rasanya akan cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan minum kopi. Apalagi, jika orang-orang ini telah memasukkan kopi ke dalam daftar makanan atau minuman yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Walau cukup atau bahkan sangat sulit, kamu harus tetap berusaha menghentikan kebiasaan minum kopi dan berusaha untuk melepaskan diri dari kecanduan kopi. Dikutip dari laman womanshealthmag.com, inilah cara cerdas selama 7 hari untuk melepaskan diri dari kecanduan kopi.

    Hari Pertama

    Pada hari pertama, kamu boleh konsumsi kopi seperti biasa. Tapi ingat, cobalah untuk mengurangi takarannya. Kamu juga tak boleh mengkonsumsi minuman atau makanan lain yang mengandung soda. Bahkan, untuk soda diet sekalipun. Jangan konsumsi soda.

    Hari Kedua Sampai Hari Keempat

    Pada hari kedua hingga hari keempat, kamu perlu mencampur kopi dengan kopi decaf (kopi tanpa kafein) dengan perbandingan 50:50. Dengan mengkonsumsi kopi melalui cara ini, perlahan kamu pun bisa berhenti dari kecanduan kopi. Jika tidak kuat dengan perbandingan 50:50, sebagai langkah awal, kamu bisa mengkonsumsi kopi dan decaf dengan perbandingan 75:25. 75 persen kopi murni dan 25 persen kopi decaf.

    Hari Kelima Dan Keenam

    Untuk hari kelima dan keenam, kurangi jumlah kopi murni yang harus kamu konsumsi. Jika sebelumnya perbandingan 50:50, kali ini kamu disarankan untuk konsumsi dengan perbandingan 25:75. 25 persen kopi murni dan 75 persen kopi decaf tanpa kafein. Saat melakukan program ini, kamu harus tetap konsisten untuk tidak konsumsi segala makanan atau minuman yang mengandung soda serta kafein. Baik itu permen kopi atau cokelat.

    Hari Ketujuh

    Pada hari ketujuh, cobalah untuk tidak minum kopi dan mencoba minuman lain yakni teh. Beberapa study menyebutkan jika teh memiliki nutrisi lebih baik jika dibandingkan dengan kopi. Walau sama-sama mengandung kafein, teh terbukti lebih sehat dan lebih bermanfaat untuk kesehatan. Disarankan agar kamu memilih teh hijau karena kandungan kafeinnya yang rendah.

Agar cara ini berhasil dan kamu pun bisa terbebas dari kecanduan kopi, usahakan untuk menghilangkan pemikiran bahwa hidup tanpa kopi akan membuat lemas dan mudah mengantuk. Hilangkan pikiran bahwa kamu tak bisa hidup tanpa kopi. Lanjutkan konsumsi teh sebagai ganti kopi. Kamu bisa menambahkan jeruk lemon, madu, jahe atau susu agar teh terasa lebih segar dan bersahabat dengan lidah kamu. So, bagaimana nih, tertarik mencoba cara ini agar terbebas dari kecanduan kopi?

 

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading