Sukses

Beauty

Waspada, Risiko Kanker Tak Kenal Usia. Inilah 4 Gejala Kanker di Usia Muda

Hingga saat ini, kanker telah menjadi salah satu satu penyakit mematikan yang mengancam jutaan jiwa di dunia. Dari data di Inggris, setidaknya ada lebih dari 2,5 ribu orang terjangkit kanker setiap tahunnya. Dan yang lebih mengejutkan, kanker ini tak hanya menyerang orang dewasa. Tidak sedikit pasien kanker merupakan anak-anak dan remaja atau orang di usia muda antara 13 hingga 24 tahun. Mengerikan memang, tapi itulah kenyataan yang harus kita hadapi sekarang.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, keterlambatan diagnosis membuat para penderita kanker tidak bisa tertolong dengan baik. Keterlambatan diagnosis juga membuat para penderita kanker kehilangan nyawa lebih cepat dari pada seharusnya. Menurut beberapa penelitian yang ada, karena gejala kanker yang memang sulit untuk dideteksi. Selain itu gejala kanker juga sering kali diabaikan karena hal itu dianggap tidak berbahaya. Meski begitu jangan salah Ladies, sedikit saja perubahan di tubuh kamu, bisa jadi hal itu adalah gejala kanker. Dan berikut gejala kanker yang sering terjadi pada orang-orang di usia muda.

    Lelah Berlebihan

    Apakah kamu sering merasa lelah, lemas dan seolah tak berdaya? Padahal, kamu tidak sedang melakukan pekerjaan berat ataupun pekerjaan sulit. Jika kamu mengalami hal ini, cobalah untuk waspada Ladies. Lelah yang berlebihan dan tanpa alasan jelas merupakan salah satu dari gejala kanker di usia muda.

    Berat Badan Turun Drastis

    Tidak sedang menjalani program diet namun berat badan turun dengan sangat drastis dan tidak biasa? Beberapa study menyebutkan jika ketika berat badan turun secara drastis tanpa alasan jelas, kemungkinan besar ini adalah gejala kanker. Tak hanya kanker, bisa jadi ini adalah gejala dari adanya penyakit berat lain di dalam tubuh.

    Benjolan

    Hampir semua ahli kesehatan dan dokter spesialis kanker mengatakan jika gejala utama dari kanker adalah benjolan. Jika tiba-tiba terdapat benjolan di tubuh, usahakan untuk segara memeriksakan diri ke dokter. Benjolan sarat dengan berbagai hal yang berhubungan dengan kanker atau tumor. Biasanya, anak muda sering kali mengabaikan adanya benjolan di tubuh. Apalagi, jika benjolan ini tidak sakit atau tidak nyeri.

    Perubahan Tahi Lalat

    Ketika kamu mendapati warna dan bentuk tahi lalat di tubuh berbeda dari sebelumnya, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Perubahan tahi lalat merupakan salah satu gejala awal adanya risiko kanker dalam tubuh namun sering kali diabaikan.

Itulah beberapa gejala dari kanker untuk seseorang yang masih berusia muda. Selain gejala di atas, gejala lain yang kemungkinan terjadi namun sering diabaikan adalah rambut rontok, diare berkepanjangan, daya tahan tubuh lemah, tubuh nyeri meski tak mengalami benturan dan mual.

Biasanya, kanker yang akan menyerang orang-orang di usia muda adalah kanker tiroid, kanker otak, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker usus. Namun kita tak perlu khawatir, selama kita memiliki pola hidup yang sehat dan memastikan untuk mendeteksi keberadaan kanker sejak dini, kanker bisa diatasi dengan mudah dan murah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading