Sukses

Beauty

Jangan Sampai Kembung Mengganggu Hari Anda, Atasi dengan Cara Alami Ini

Kembung adalah suatu kondisi saat perut terasa penuh dan begah akibat adanya  penumpukan gas di dalam usus kecil. Kembung membuat area perut tampak bengkak dan terasa tidak nyaman. Biasanya, kembung terjadi dengan diikuti masalah pencernaan lainnya seperti kram perut, sendawa, nyeri perut, diare, sesak napas dan nyeri punggung bagian bawah.

Selain penumpukan gas dalam usus kecil, penyebab kembung lainnya adalah sembelit, makan berlebihan serta PMS. Apapun penyebab kembung, kondisi ini membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, agar kembung tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk beraktivitas, kembung harus segera diatasi dengan tepat. Berikut adalah 4 cara alami untuk mengurangi kembung seperti yang dilansir www.everydayhealth.com.

    Makanan dengan Probiotik

    Probiotik adalah mikroorganisme baik yang tinggal dan tersebar di usus kita. Probiotik bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dalam usus. Oleh sebab itu, probiotik juga dapat membantu masalah kembung ini. Bakteri probiotik bermanfaat untuk mengurangi penumpukan gas di usus kecil saat kita kembung. Mengonsumsi makanan-makanan sumber probiotik seperti yoghurt atau kefir akan membantu Anda mengatasi masalah kembung yang mengganggu hari-hari Anda.

    Peppermint

    Peppermint mengandung minyak mentol, yang memiliki efek anti-spasmodik pada otot polos saluran pencernaan. Peppermint mengurangi rasa tidak nyaman saat perut kembung. Anda dapat mengunyah daun peppermint segar untuk bantuan mengurangi perut kembung.

    Jahe

    Jahe adalah rempah yang telah banyak dikenal manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk perut kembung.Jahe memiliki beberapa kandungan bahan aktif,  gingerol dan shogaols yang membantu mengurangi peradangan di usus dan mengendurkan otot-otot usus. Konsumsi air rebusan jahe saat kembung akan mengurangi tumpukan gas di usus kecil dan meredakan kembung Anda.

    Teh Chamomile

    Teh bunga chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu menenangkan perut . Jika Anda mengalami kembung, seduh secangkir teh bunga chamomile dengan satu sendok madu untuk membantu meredakan kembung Anda.

Nah, itulah 4 cara untuk meredakan perut kembung secara alami. Karena cara menggunakan bahan-bahan alami, Anda tentu tidak perlu khawatir dengan efek samping yang mungkin terjadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading