Sukses

Beauty

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes dan Penyakit Jantung

Tidak terasa, puasa Ramadan telah sampai ke hari 16. Bagaimana nih dengan Ladies yang sedang menjalankan ibadah puasa? Masih semangat dan selalu sehat bukan? Dilansir dari laman emirates247.com, puasa merupakan salah satu kegiatan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Tak hanya bermanfaat bagi mereka yang sehat dan tidak sakit, puasa juga dipercaya bermanfaat bagi mereka yang sedang menderita diabetes maupun serangan jantung. Mansoor Anwar, seorang Direktur Medis dan Pelayanan Kesehatan Kerja di Dubai mengatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk melatih tubuh menjadi lebih sehat serta mengajak tubuh menerapkan pola hidup yang sehat.

Saat Ramadan, tidak sedikit orang-orang yang sedang sakit seperti diabetes dan serangan jantung tekun serta ikhlas menjalankan ibadah puasa. Dan karena ketekunannya inilah, sebagai besar dari mereka justru bisa sembuh dan pulih dari sakitnya.

Anwar mengatakan

"Ketika penderita diabetes dan serangan jantung memutuskan untuk berpuasa, ini sungguh sangat baik dan dianjurkan. Tapi, mereka juga harus tetap berkonsultasi dengan dokter serta memperhatikan dengan baik asupan nutrisi yang menjadi menu buka serta sahur setiap harinya."


Menurut Anwar, ketika seseorang sedang menderita diabetes dan menjalankan ibadah puasa, ia tetap harus menjauhi segala makanan yang mengandung gula. Pasien diabetes harus menghindari makanan seperti nasi, makanan ringan, makanan berlemak dan makanan yang manis. Ia harus memastikan bahwa ia mengkonsumsi makanan rendah gula selama bulan Ramadan namun harus tetap berusaha untuk minum air putih yang banyak.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Sedangkan untuk pasien serangan jantung, mereka diharukan menghindari segala makanan tinggi kolesterol dan tinggi lemak. Tak hanya makanan berlemak, makanan yang mengandung banyak garam, gula serta kafein harus benar-benar dikurangi selama Ramadan. Penderita jantung sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi cairan terutama air putih, sayur dan buah.

Selain menjadi makanan, agar puasa selalu berjalan lancar dan sehat, penderita diabetes maupun jantung tetap harus memiliki olahraga cukup, istirahat cukup serta pikiran yang selalu fresh. Anwar mengungkapkan jika seseorang bisa menjalankan ibadah puasa dengan pola hidup yang sehat, dipastikan ia juga akan memiliki tubuh sehat serta terjaga.

So, ketika Anda mendapatkan tubuh sehat dan sembuh dari sakit, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap menjalankan ibadah puasa tentunya dengan pola hidup yang sehat serta tepat. Jangan lupa untuk konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter dan mintalah nasehat terbaiknya jika Anda memang benar-benar ingin berpuasa walau sedang sakit.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankannya. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading