Sukses

Beauty

Ups, Ini 3 Alasan Anda Harus Berhenti Konsumsi Gula

Karbohidrat merupakan nutrisi utama untuk diubah menjadi energi di dalam tubuh, dan bentuk umum karbohidrat berupa gula. Tapi sayangnya, gula juga punya dampak negatif yang tidak bisa diremehkan.

Seperti dilansir dari idiva.com, ada banyak alasan mengapa sebaiknya Anda berhenti konsumsi gula, atau paling tidak batasi konsumsi gula harian Anda, karena ini dampak buruknya.

    Mengganggu kesehatan mental

    Berhenti mengonsumsi gula bisa meningkatkan kemampuan otak, konsentrasi dan ketenangan emosional. Hal ini bisa didapat ketika kadar gula darah stabil dan tidak menyebabkan kenaikan atau penurunan tekanan darah.

    Merusak liver/hati

    Kebanyakan makan makanan manis akan menimbulkan kerusakan fungsi pankreas yang menghasilkan insulin untuk mencerna gula. Makanan kaya fruktosa seperti sirup, gula pasir, soda, dan berbagai makanan manis lainnya bisa melemahkan fungsi pankreas, meningkatkan kadar asam lambung dan tekanan darah tinggi.

    Tingkatkan potensi penyakit jantung

    Bukan hanya berisiko terserang diabetes, kebanyakan makan gula juga tingkatkan risiko penyakit jantung. Ini karena gula bisa memengaruhi metabolisme dan mengacaukan produksi hormon tubuh. Bisa meningkatkan kadar lipid sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika ingin mendapatkan karbohidrat atau gula sehat, sebaiknya makan buah-buahan dan sayuran. Sebisa mungkin hindari makan makanan dengan gula sederhana seperti gula pasir, kue dan lain sebagainya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading