Sukses

Beauty

3 Tips Hidup Sehat Saat Menjalani Berpuasa

Karena menahan diri dari makan dan minum, menjalani aktivitas berpuasa saat bulan Ramadan biasanya berbeda dengan hari biasanya. Seringkali saat berpuasa, tubuh terasa lemas dan mengantuk.

Menurut dokter umum Adhisti Pritalina, selama berpuasa 12 jam, tubuh akan mengambil cadangan glukosa berupa glikogen yang tersimpan di hati dan otot sebagai energi. Glikogen lalu diubah menjadi proses glikogenolisis menjadi energi yang dapat digunakan tubuh.

"Selain itu, tubuh juga menggunakan sejumlah protein sebagai tambahan energi selama 12 jam. Proses inilah yang mengakibatkan tubuh terasa lemas," kata dr. Adhisti saat ditemui dalam acara SOHO Global Health di Grand Sahid Sudirman Jakarta Pusat Selasa 30 Juni 2015.

copyright by Vemale.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani puasa agar lebih sehat, antara lain adalah:

    Pilih makanan yang tepat ketika sahur dan berbuka puasa

    Total kalori harus mencukupi tapi bukan berarti berlebihan. Seimbangkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral serta jangan lupa serat. Dengan perbanyak makan buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral. Namun ada pula yang harus dihindari buah-buahan seperti belimbing, timun, tomat. Mengapa? Karena menyebabkan sering buang air kecil dan membuat tubuh cepat haus.

    Selain itu, hindari makanan berkarbohidrat tinggi, seperti gula pasir, gula merah dan tepung-tepungan dalam jumlah berlebihan. Hal ini akan meningkatkan gula darah secara cepat dan menyebabkan insulin dikeluarkan dalam jumlah besar, sehingga kadar gula darah turun, terutama saat sahur. Akibatnya puasa cepat lemas, lemah dan mengantuk.

    Jika makan terlalu banyak asin akan menimbulkan rasa haus berlebihan. Hindari makanan berlemak, berminyak atau santan karena menyebabkan nyeri lambung dan berat badan bertambah. Untuk mencegah bau mulut, hindari makanan terlalu banyak protein, daging, ikan, bawang putih, petai dan durian.

    Perhatikan hidrasi Anda

    Ketika berpuasa, tubuh sangat rawan terserang dehidrasi. Untuk itu Anda dapat mengambil pola minum minimal 8 gelas sehari, dua gelas waktu sahur, dua gelas waktu buka dan empat gelas di malam hari dengan rentang tiap satu jam.

    Konsumsi Suplemen

    Dengan pola makan yang berubah, maka asupan micronutrient pun akan terganggu. Terutama bagi mereka yang tidak berkesempatan untuk melakukan sahur, sehingga asupan gizinya tidak seimbang. Pilihlah suplemen berbahan dasar herbal echinaceae agar kebutuhan micronutrient terpenuhi.

    Khusus bagi Anda yang bekerja di luar ruangan dan terpapar radikal bebas, selama puasa konsumsilah suplemen immunomodulator. Hal ini dibutuhkan agar daya tahan tubuh Anda tetap prima meski sedang berpuasa.

Nah, itu dia Ladies beberapa tips sehat menjalani puasa. Yuk dijalani agar tubuh tetap berenergi saat puasa. 

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading