Sukses

Beauty

4 Cara Mudah dan Sederhana Turunkan Risiko Kanker Pada Tubuh

Berbicara mengenai penyakit kanker, bisa dipastikan setiap orang takut dengan penyakit satu ini. Perlu kita tahu, hampir 40% risiko kanker disebabkan oleh gaya hidup yang salah, kurang menjaga kesehatan, stress berat dan adanya riwayat keluarga. Meski begitu, sampai saat masih banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya tengah menderita kanker atau berisiko kanker dalam dirinya.

Sampai saat ini, belum ada obat pasti yang dipercaya mampu menyembuhkan kanker. Meskipun seseorang pernah dinyatakan sembuh dari kanker, cepat atau lambat sel kanker dalam tubuh yang tersisa, bisa kembali menyerang dan mengancam nyawa orang tersebut.


Dilansir dari laman prevention.com, sebuah study yang dilakukan di The British Journal of Cancer, ada beberapa mudah dan sederhana turunkan serta cegah risiko kanker dalam tubuh. Dan berikut 4 cara mudah tersebut.(vem/mim)

Berhenti Merokok

Ketika Anda ingin terbebas atau jauh dari risiko kanker, pastikan untuk segera berhenti merokok ataupun hindari menghirup asap rokok. Beberapa study menyebutkan bahwa zat nikotin dan zat aktif yang ada pada rokok maupun asap rokok sangat berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Rokok tidak hanya menjadi penyebab utama kanker utama kanker Paru-paru dan Jantung, namun juga berisiko untuk semua jenis kanker. Pada Journal of American Medical Assosiation, semakin sedikit Anda terkena paparan asap rokok, maka hal ini bisa mencegah risiko kanker hingga 27%. So, jika ingin sehat dan bebas dari kanker, pastikan untuk berhenti merokok atau berhubungan dengan rokok.

Jaga Berat Badan

Untuk jauh dari risiko kanker, usahakan untuk selalu menjaga berat badan Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki berat badan ideal atau normal. Dan untuk dapatkan berat badan ideal ini, sangat perlu bagi Anda menjaga pola makan, memiliki olahraga cukup serta penuhi kebutuhan air putih cukup.

Seseorang dengan kelebihan berat badan dikatakan akan lebih berisiko terhadap beberapa jenis kanker, kerusakan ginjal, kerusakan kandung empedu dan penyakit berbahaya lain. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa lebih dari 12.000 kasus kanker, lebih dari setengah disebabkan oleh berat badan berlebih dan pola hidup yang tidak sehat.

Mulai Mencintai Sayur dan Buah

Jika Anda adalah seseorang yang sangat benci dengan buah dan sayur, hal ini tentu sangat disayangkan. Beberapa sayur dan buah dipercaya memiliki nutrisi dan vitamin yang mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Bahkan, sayur brokoli dan sayur kubis disebut-sebut mengandung banyak glucosinolates dimana zat ini adalah zat anti kanker.

Study yang dilakukan di Gynecologic Oncology pada tahun 2000, menyatakan bahwa sayur dan buah adalah makanan alami yang bisa dengan cepat membunuh sel kanker dalam tubuh. Jika dibandingkan daging atau makanan lain, sayur dan buah adalah makanan yang efektif menurunkan serta menyembuhkan risiko semua jenis kanker.

Hindari Stress

Salah satu penyebab utama mudahnya sel kanker tumbuh pada tubuh seseorang adalah stress dan pikiran yang tidak stabil. Ketika Anda menginginkan tubuh sehat dan terbebas dari kanker, cobalah untuk selalu bahagia, menghindari stress berat serta miliki pikiran yang tenang.

Dari beberapa study yang dilakukan, seseorang yang memiliki kebahagiaan lebih banyak, dinyatakan bisa lebih sehat, lebih kuat dan memiliki kekebalan tubuh lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang seringkali dilanda stress. Orang-orang yang bisa mengontrol emosinya dengan baik bahkan lebih rendah terjangkit risiko kanker.

Selain hal di atas, agar terhindar dari risiko kanker, pastikan untuk memiliki olahraga cukup setidaknya mengeluarkan keringat minimal 30 menit dalam seminggu. Minum air putih minimal 8 gelas perhari, berhenti konsumsi minuman keras dan obat terlarang, hindari makanan cepat saji atau makanan instan lainnya. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter setidaknya satu tahun sekali secara berkala. Semoga kita semua bisa sehat selalu dan terhindar dari risiko kanker ya Ladies... :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading