Sukses

Beauty

5 Manfaat Mengagumkan Biji Jintan Untuk Kesehatan

Berbicara mengenai obat alami, salah satu tanaman yang memiliki manfaat mengagumkan dan bisa digunakan untuk obat alami adalah jintan. Jintan sendiri merupakan salah satu rempah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Awalnya, jintan merupakan obat yang berasal dari daerah timur tengah seperti Mesir. Tetapi, karena manfaatnya yang luar biasa, saat ini jintan telah dibudidayakan di berbagai wilayah di Asia ataupun Eropa.

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, jintan menjadi obat alami yang banyak digemari karena manfaat besarnya untuk kesehatan. Dilansir dari laman organicfacts.net, jintan bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, mengobati peradangan, meningkatkan jumlah ASI bahkan dikatakan mampu membunuh sel kanker. Untuk lebih jelas mengenai manfaat jintan, berikut ulasan mengenai manfaat mengagumkan biji jintan untuk kesehatan.

    Memperbaiki Sistem Pencernaan

    Beberapa study menyebutkan bahwa jintan memiliki nutrisi yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Jintan dipercaya bisa mengobati terganggunya sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare hingga muntaber. Mengkonsumsi jintan secara rutin juga dipercaya bisa mencegah risiko infeksi pada usus besar karena kesalahan pola makan.

    Mencegah Risiko Jantung

    Semua orang tentu tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit paling berbahaya dan mematikan saat ini. Nutrisi yang terkandung dalam minyak jintan dipercaya bisa mengurangi risiko jantung, menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan konsumsi minyak jintan secara teratur, hal ini bisa cegah Anda dari risiko penyakit jantung.

    Mengobati Jerawat

    Jika Anda memiliki masalah dengan peradangan akibat jerawat, pastikan untuk memanfaatkan jintan. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam jintan sangat dipercaya bisa menyembuhkan peradangan di kulit akibat jerawat. Caranya cukup mudah, siapkan satu sendok teh minyak jintan dan satu sendok minyak zaitun. Campur kedua minyak menjadi satu lalu oleskan pada kulit yang meradang. Tunggu kira-kira selama satu jam lalu bilas wajah dengan air bersih. Dengan cara ini, Anda bisa terbebas serta sembuh dari masalah jerawat.

    Meningkatkan jumlah ASI

    Ketika Anda menyusui dan ASI yang keluar hanya sedikit, cara mudah untuk meningkatkan jumlah ASI adalah dengan konsumsi jintan. Mengingat terdapat unsur tertentu dalam jintan seperti struktur hormon lipid dan arginine, tidak heran jika biji jintan bisa bantu wanita meningkatkan jumlah ASI usai melahirkan.

    Membunuh Sel Kanker

    Jintan dikenal sebagai obat alami yang mengandung cukup banyak asam lemak di dalamnya. Karena inilah, jintan dikatakan mampu membunuh sel kanker berbahaya dalam tubuh. Study juga menyebutkan bahwa jintan memiliki kemampuan untuk menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, memproduksi interferon, melawan sel tumor / kanker dan melindungi sel normal agar tubuh selalu sehat.


Selain 5 manfaat menakjubkan di atas, jintan juga dipercaya bisa menyembuhkan asma, menyembuhkan alergi, meningkatkan kecerdasan, mencegah alzheimer, mengobati hipertensi, mencerahkan kulit dan menyuburkan rambut. Gimana Ladies, untuk bisa sehat tentu bukan perkara sulit bukan? Karena, dengan memanfaatkan obat alami khususnya jintan, Anda bisa miliki tubuh yang sehat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading