Sukses

Beauty

6 Tips Diet Sehat Menjalani Menopause Dengan Bahagia

Masa menopause tak akan pernah bisa dihindari oleh semua wanita. Menopause berarti berhentinya masa menstruasi seseorang. Gejala awal seseorang mengalami menopause adalah dengan tidak teraturnya menstruasi. Sedangkan gejala lainnya adalah ditandai dengan berkeringat di malam hari, kesulitan tidur dan mudah tersinggung. Bahkan, sebagian wanita yang memasuki masa menopause cenderung akan mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Seorang wanita yang mengalami menopause dimulai dari usia 40 tahun, namun tak menutup kemungkinan mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Nah, oleh karena itu untuk mengurangi efek-efek tidak nyaman dari menopause Anda dapat melakukan diet sehat berikut ini:

    Zat besi

    Zat besi sangatlah dibutuhkan oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause. Anda dapat menemukan zat besi pada daging merah, unggas, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan produk biji-bijian.

    Serat

    Serat pun menjadi makanan yang penting bagi wanita yang sudah menopause. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung serat seperti, gandum, sereal, pasta, nasi, buah-buahan segar dan sayuran.

    Kalsium

    Bagi para wanita yang mengalami menopause, harus sangat diperhatikan tercukupinya asupan kalsium dalam tubuhnya. Caranya mudah, Anda dapat mengonsumsi dua hingga empat porsi produk susu, seperti ikan sarden, ikan salmon, brokoli dan kacang-kacangan. Asupan kalsium yang cukup bagi wanita menopause berusia 51 tahun atau lebih tua adalah 1.200 miligram per hari.

    Buah dan sayuran

    Buah-buahan dan sayuran memiliki segudang manfaat, seperti rendah lemak, serat, vitamin dan mineral. Selain itu, buah-buahan dan sayuran dapat membantu melindungi kesehatan tubuh Anda dari bahan kimia, seperti fitoestrogen yaitu bahan kimia pada tanaman yang mirip dengan estrogen.

    Kurangi asupan garam dan karbohidrat

    Hampir semua wanita yang mengalami menopause mengalami masalah pada lambung. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengurangi asupan garam dan karbohidrat untuk mengurangi air dalam tubuh.

    Olahraga

    Olahraga selain dapat membuat tubuh tetap bugar rupanya juga dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi pengeroposan tulang, meningkatkan kemampuan dalam mengatasi stres, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi jantung dan juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dan nutrisi dengan baik.

Itu sekian hal yang perlu Anda terapkan ketika menjelang menopause. Setiap wanita akan mengalaminya, dan untuk meminimalisasi perubahan besar pada tubuh, Anda bisa menerapkan diet di atas.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading