Sukses

Beauty

Ini Alasan Mengapa Duduk Terlalu Lama Itu Buruk Dan Bagaimana Mengatasinya

Anda mungkin sudah tahu bahwa duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan. Namun bagaimana lagi, bekerja di kantor memang kebanyakan duduk, bukan? Sepertinya ini adalah problematika yang tidak bisa dihindari. Tunggu dulu, Anda bisa kok meminimalisasi kegiatan duduk terus-menerus.

Seperti dikutip dari livestrong.com, duduk terlalu lama dikaitkan dengan meningkatnya potensi terserang penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskuler dan beberapa jenis kanker. Hal ini tidak lain karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan banyak orang sehingga memicu timbulnya penyakit. 

Aktivitas fisik, bergerak atau olahraga, memang memberi sistem imun kekuatan untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Bukan hanya itu, otot tidak bergerak dan menjadi terbiasa dengan "tanpa aktivitas fisik", ini akan melemahkan kekuatan otot dan menjadikan Anda malas.

Seharian duduk juga akan membuat Anda mudah bosan, dan akhirnya membuat Anda memiliki kebiasaan baru, yaitu melampiaskan kebosanan dengan ngemil. Ini juga faktor buruk yang dihasilkan terlalu lama duduk. Anda jadi lebih cepat gemuk, bukan hanya kalori menumpuk di tubuh, tapi juga menghambat peredaran darah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu setiap 1 jam sekali untuk pergi ke pantry atau ke toilet. Gerakkan tubuh seakan Anda melakukan pemanasan. Alternatif lain, coba luangkan waktu 15 menit untuk berdiri. Kerjakan tugas Anda dengan berdiri. Saat makan siang, jangan menggunakan lift, berjalanlah menggunakan tangga.

Bahkan di luar negeri saja sudah banyak kampanye dengan pernyataan seperti "Sitting Is the New Smoking!", "Sitting Disease Is on the Rise!", atau "Stop Sitting Before It Kills You!" dan lain sebagainya. Jadi, yuk kurangi duduk dan bergeraklah agar tetap sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading