Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kebanyakan Vitamin D Bisa Picu Penyakit Ginjal

Anda pasti tahu bahwa nutrisi dibutuhkan tubuh bukan hanya agar bisa menjalankan fungsi organ dengan baik, namun juga untuk memperkuat sistem imun tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu nutrisi yang Anda butuhkan adalah vitamin D.

Namun konsumsi vitamin D berlebih tentunya juga tidak akan berdampak baik untuk tubuh. Seperti dikutip dari everydayhealth.com, konsumsi vitamin D hingga mengambil suplemen untuk mencukupinya sebenarnya tidak begitu diperlukan karena terlalu banyak konsumsi vitamin D justru akan berdampak buruk untuk kesehatan ginjal Anda.

Fungsi vitamin D dalam tubuh adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin D membantu mencegah tulang dari risiko osteoporosis dan membantu menjaga kepadatan tulang yang sehat. Bahkan vitamin D bisa mencegah stres dan depresi pada wanita dewasa muda.

Namun untuk setingkat mengonsumsi suplemen vitamin D tidak lah diperlukan, kecuali jika Anda memiliki riwayat osteoporosis, konsumsi suplemen vitamin D mungkin dibutuhkan. Salah satu risiko terlalu banyak asupan vitamin D pada orang sehat, atau melebihi kadar vitamin D 100 nanogram per mililiter (ng / mL) dapat memicu penyerapan kalsium ekstra dan menyebabkan batu ginjal.

Lagipula, Indonesia selalu kaya dengan sinar matahari, jadi Anda tidak perlu bingung mencari cara mendapatkan vitamin D. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis setiap hari. Cukup bangun pagi dan olahraga selama 30 menit di bawah sinar matahari yang hangat, Anda sudah bisa mendapat cukup asupan vitamin D. Yuk hidup sehat dari sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading