Sukses

Beauty

Panduan Kesehatan Membangun Kebiasaan Makan Sehat, Part I

Bagaimanakah kebiasaan makan sehat itu Ladies? Apakah makan dengan porsi besar? Atau apakah makanan dengan selalu memperhatikan jenis dan jumlah makanan?

Kebiasaan makan secara sehat seringkali dihubungkan dengan berbagai pantangan, sehingga membuat seseorang terlalu memperhitungkan apapun yang mereka konsumsi dan bahkan tidak bisa mengkonsumsi makanan-makanan nikmat pada umumnya. Makanan dikatakan sehat apabila dapat meningkatkan energi seseorang dan tidak menimbulkan gejala-gejala tidak normal seperti pusing, lemas, sakit perut, dan sebagainya.

Aturlah jenis makanan yang dikonsumsi dengan cara sederhana saja. Maksudnya, Ladies tak perlu selalu pusing menghitung berapa jumlah kalori yang masuk, berapa persen karbohidrat yang dikonsumsi, berapa banyak proteinnya, dan sebagainya. Perhatikan kesegaran dan kealamian bahan makanan yang akan diolah dan masaklah menggunakan resep yang mudah dan tentunya menggunakan cara yang sehat pula, seperti rendah sodium, sedikit minyak, dan masak sampai benar-benar matang.

Kemudian, cobalah makan dengan menu yang bervariasi di setiap waktu makan. Ladies tak perlu mengubah total jenis menunya. Tambahkan beberapa makanan saja, seperti salad, buah, susu, sayuran, dan pilihan makanan lainnya. Hal ini bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tak perlu juga melakukannya secara sekaligus, Ladies. Buatlah perubahan sedikit demi sedikit dan perlahan saja. Gantilah variasi sayur dalam makanan. Gantilah minyak goring biasa dengan minyak sehat seperti minyak zaitun atau margarin untuk menggoreng makanan.

Yang terakhir, namun bukan berarti tidak penting nih Ladies, adalah air putih. Minumlah air minimal 8 gelas sehari. Air putih membantu membersihkan racun dalam darah dan melancarkan aliran darah sehingga seseorang tidak dehidrasi, tetap fit, dan berenergi meski tanpa makan sekalipun, khususnya bagi mereka yang sedang berdiet atau berpuasa.

Jadi, membangun kebiasaan makan sehat bukan hanya dari apa yang dikonsumsi tapi juga berhubungan dengan cara makan sehari-hari. Mau tahu lebih lengkap? Simak artikel berikutnya!

oleh: -Tys-

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading