Sukses

Parenting

Jaga Kesehatan Kakek-Nenek Yang Tinggal Sendiri Dengan 2 Cara Menakjubkan Ini

Ladies, seiring bertambahnya umur, Anda pasti merasakan banyaknya perubahan dalam hidup, misalnya saja dalam hal keluarga. Dulu, saat Anda masih kecil, setiap kali Lebaran atau Natal, orangtua pasti akan mengajak ke rumah kakek atau nenek yang jauh dari rumah. Karena ajal memisahkan, akhirnya nenek atau kakek Anda jadi hidup sendirian.

Hidup sendirian seringkali berat, apalagi untuk mereka yang lanjut usia. Bahkan Anda sendiri tidak betah kan lama-lama sendirian? Se-introvet apa pun diri Anda, Anda pasti butuh teman. Orang lanjut usia pun demikian, bahkan mereka lebih membutuhkan teman daripada orang yang masih muda.

Seringkali mereka jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung. Perasaan sensitif ini bisa disebabkan oleh banyak hal, karena menurunnya rasa percaya diri, perasaan kehilangan dan banyak lagi lainnya. Hidup sendiri bagi orang lanjut usia bisa meningkatkan kadar stres dan rentan terhadap depresi.

Itulah mengapa, dikutip dari everydayhealth.com, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat kakek atau nenek Anda yang hidup sendiri di rumah tidak jadi depresi, beberapa di antaranya adalah dengan cara

    Bersosialisasi

    Buat kakek atau nenek Anda pergi ke tempat ramai dengan banyak orang seusia mereka dan melakukan hal yang disukai. Sarankan mereka untuk ikut senam lansia bersama atau mengikuti suatu kelompok yang melakukan hobi bersama. Dengan begini, mereka bisa mendapatkan teman-teman baru.

    Beberapa orang tua masih bisa menghubungi sahabat karib mereka dan berbagi cerita, ini juga merupakan hal bagus untuk dilakukan. Bersosialisasi akan membuat mereka lebih aktif dan menurunkan kadar stres karena hidup sendirian.

    Punya peliharaan

    Sarankan nenek atau kakek untuk memiliki hewan peliharaan. Anda tahu bahwa hewan peliharaan adalah teman yang bisa menjaga kesehatan mental dan fisik Anda secara umum. Mereka bisa diajak jalan-jalan, bermain dan bahkan mengobrol.

    Dengan memiliki hewan peliharaan, akan menumbuhkan kembali rasa kasih sayang dan tanggung jawab dalam diri orang usia lanjut dan hal ini akan membuat mereka lebih berarti, dihargai dan diinginkan.

Jangan lupa juga untuk keep in touch dengan mereka ya. Perhatian dari keluarga akan sangat berarti. Tidak ingin kakek atau nenek merasa kesepian dan sendiri di rumah mereka kan? Sesekali telpon dan tanya kabarnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading