Sukses

Beauty

Hati-Hati, Makanan dan Minuman Ini Bisa Membuat Gigi Anda Kuning

Gigi kuning memang bisa membuat kita merasa kurang percaya diri. Mau tersenyum atau tertawa jadi tidak terasa lepas. Jadinya merepotkan ya?

Dilansir dari lifehack.org, buah atau minuman apapun yang bisa menodai kaos putih sebenarnya juga berbahaya untuk gigi putih Anda bila Anda mengonsumsinya. Jenis makanan dan minuman asam juga bisa membuat email gigi rusak. Email sendiri adalah bahan padat berwarna putih dan keras yang melapisi dan melindungi bagian dentin mahkota gigi. Email ini berfungsi untuk membuat gigi terlihat putih dan bersih.

Nah, supaya warna gigi tetap terjaga dengan baik, Anda sebaiknya lebih berhati-hati lagi ketika mengonsumsi minuman dan makanan ini. Setidaknya setiap kali Anda selesai mengonsumsi minuman atau makanan ini, segera kumur dengan air putih hingga bersih. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerusakannya.

Kopi dan Teh
Kopi dan teh memang bisa membuat gigi Anda kuning. Untuk mengurangi dampak negatifnya, Anda bisa menambahkan susu ke dalam kopi. Atau bisa memilih jenis teh herbal atau teh dengan warna yang lebih terang.

Saus Tomat
Wah, saus tomat kan bisa membuat rasa masakan makin enak dan sedap? Hmm, iya sih. Tapi saus tomat kan mengandung asam. Jadi Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan saus tomat. Dan agar gigi tidak mudah menguning karena saus tomat, Anda bisa menambahkan bayam dalam menu yang dicampur dengan saus tomat tersebut.

Kari
Lezatnya sepiring nasi kari memang sangat sulit untuk diabaikan. Tapi warna dari kuah kari ini bisa membuat gigi Anda menguning. Solusinya? Sama seperti ketika menggunakan saus tomat, Anda bisa menambahkan sayur bayam dalam menu kari Anda.

Aneka Buah Beri
Raspberries, blackberries, dan blueberries memang buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Hanya saja buah beri ini punya warna yang pekat dan juga mudah lengket di gigi. Jadi, setiap kali selesai mengonsumsi buah beri, segera minum air putih ya. Supaya warna gigi tetap terjaga dan tidak menguning.

Minuman Kola dan Soda
Minuman kola dan soda yang dingin bisa membuat gigi ngilu dan akhirnya pori-pori makin terbuka lebar sehingga kandungan warna minuman kola dan soda bisa tersebut jadi mudah diserap gigi. Warna gigi pun bisa berubah.

Selain segera minum air putih atau berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman atau makanan di atas, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain agar gigi tidak kuning. Misalnya dengan menggosok gigi. Tapi menggosok gigi yang disarankan adalah 1,5 jam setelah Anda makan atau minum ya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading