Sukses

Beauty

Yuk, Intip Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wanita

Mengingat Indonesia kaya akan rempah-rempah, tentu menjadikan hal ini keuntungan bagi kita. Sebagian besar rempah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh wanita. Salah satu rempah yang banyak memiliki manfaat adalah Kunyit. Rempah ini biasa digunakan sebagai pewarna makanan atau jamu. Dilansir dari healwithfood.org, inilah beberapa manfaat Kunyit bagi kesehatan.

    Mengobati Asma

    Asma merupakan terjadinya peradangan dan gangguan pada saluran pernafasan. Satu bahan herbal yang bisa membantu memerangi asma adalah Kunyit. Kandungan senyawa aktif dalam kunyit terbukti menghambat pelepasan histamin dan sel mast penyebab asma. Selain itu, nutrisi dari kunyit dipercaya menyembuhkan alergi.

    Mengobati Penyakit Kulit

    Bagi penderita jerawat dan gangguan kulit lain bisa memanfaatkan kunyit sebagai obat. Kunyit segar yang digunakan sebagai masker dipercaya bisa mengurangi peradangan di kulit akibat jerawat dan masalah lain.

    Menambah Rentang Hidup

    Studi yang dilakukan di Annals of New York Academy tahun 2004 menunjukkan bahwa kunyit mampu menambah rentang hidup bagi seseorang yang mengkonsumsinya. Kandungan air dan metabolit pada kunyit menunjukkan mampu meningkatkan 12% rentang hidup pada tikus dan cacing gelang. Hal ini juga dipengaruhi oleh sifat antioksidan dan antimikroba pada kunyit.

    Mengobati Sakit Arthritis

    Bubuk kunyit dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-arthritis yang kuat. Penelitian yang diterbitkan di sebuah jurnal tahun 2006 menyebutkan senyawa pada kunyit mampu menyembuhkan rematik dan sakit arthritis.

    Anti Kanker

    Nutrisi pada kunyit disinyalir bisa melawan kanker. Senyawa yang terkandung di dalamnya dideteksi mampu melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Kunyit juga bisa menjadi tanaman herbal yang memungkinkan mampu menghambat pembentukan nitrosamine dan aflatoksin penyebab meningkatnya risiko kanker.

    Menjaga Kesehatan Jantung

    Pada jurnal di Clinical Investigation hasil penelitian tahun 2008 menyebutkan senyawa pada kunyit mampu mencegah dan membalikkan hipertrofi jantung atau keadaan abnormal jantung pada ukuran normal.

    Meningkatkan Kesehatan Mata

    Bagi Anda yang memiliki gangguan pada kesehatan mata, disarankan untuk memanfaatkan kunyit untuk mengembalikan kesehatan mata. Kandungan senyawa yang ada pada kunyit dipercaya bisa membantu mencegah pertumbuhan katarak dan gangguan mata lainnya.

    Mengurangi Risiko Alzheimer

    Alzheimer pada umumnya diderita oleh orang-orang lanjut usia. Untuk mengurangi risiko alzheimer di masa tua, disarankan untuk kita mengkonsumsi kunyit. Tumbuhan rimpang ini juga dianggap bisa mengurangi stress.

Sebagai tanaman herbal yang bisa menjadi antioksidan baik bagi tubuh. Tidak heran jika kunyit sering digunakan sebagai obat tradisional. Bunda, konsumsi kunyit bisa dilakukan dengan minum jamu atau menggunakannya sebagai pewarna makanan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading