Sukses

Beauty

Tips Atasi Diare Agar Tidak Bertambah Parah

Sistem pencernaan adalah saluran yang menghubungkan Anda dengan sumber makanan, namun juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit karena pengaruh yang dibawa makanan.

Itulah mengapa, sebaiknya Anda harus menjaga makanan tetap higienis, sehat bernutrisi dan tidak tercemar dengan bakteri yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Jika sudah terlanjur terkena diare, maka tidak ada jalan lain selain mengobati. Untuk bisa cepat sembuh, Anda juga perlu tahu apa yang harus dikonsumsi dan apa yang tidak boleh dikonsumsi, seperti dilansir dari wikihow.com berikut ini.

1. Hindari kafein
Jangan minum kopi dan teh atau berbagai minuman dan makanan yang memiliki kandungan kafein. Jika memang ingin minum teh, sebaiknya yang herbal saja, jangan yang menggunakan daun teh. Kafein memiliki sifat diuretik, atau menyerap cairan tubuh, jadi memudahkan Anda mengalami dehidrasi, yang mana akan memperburuk diare.

2. Jangan makan snack asin dan berpemanis buatan
Anda mungkin kehilangan garam dalam tubuh, namun hindari makan biskuit atau camilan asin karena memiliki kandungan sodium tinggi yang tidak diimbangi dengan nutrisi lain sehingga dapat membuat dehidrasi. Hindari pula minuman dan makanan kemasan yang memiliki sorbitol atau gula buatan karena memiliki sifat diuretik dan bukan gula alami.

3. Jangan minum susu dan produk olahannya
Susu memiliki nutrisi yang baik, namun tidak untuk diare. Komposisi nutrisinya cukup komplek dan susah dicerna dan diserap oleh tubuh, sedangkan pencernaan Anda dalam keadaan lemah dan butuh tenaga, sehingga bisa memperburuk diare.

4. Hindari makan pedas, berlemak, buah dan sayur
Ada kalanya makanan sehat perlu dihindari, seperti ketika Anda mengalami diare. Serat makanan yang padat dan kompleks seperti sayur dan buah justru tidak baik untuk pencernaan yang lemah. Makanan pedas dan berlemak akan sangat keras di dalam pencernaan yang sangat jelas tidak membuat Anda cepat sembuh.

Jadi, ikuti tips di atas, cukupi minum agar tidak dehidrasi dan stay healthy ya Ladies.




 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading