Sukses

Beauty

Pusing Saat Baru Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Pernah merasa pusing atau sakit kepala saat baru bangun tidur? Ternyata alasannya bisa bermacam-macam. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena tidur terlalu lama. Efek dari tidur yang terlalu lama itu bisa sama dengan efek dari tidur yang terlalu sedikit. Dan ada masih ada sejumlah penyebab lain yang bisa membuat Anda merasa pusing saat baru bangun tidur. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya seperti yang dilansir dari sleepcarewilm.com berikut ini.

Karena merasa kurang tidur dalam beberapa hari terakhir biasanya kita akan mencoba untuk menambah jam tidur di akhir pekan jadi beberapa jam lebih lama. Pada saat itu kita bisa merasa tidur lebih nyenyak dan dalam. Tapi efek negatifnya adalah kita jadi lebih sulit untuk bangun tidur, sehingga kita merasa pusing dan masih lelah ketika mencoba untuk bangun.

Tidur berlebihan di akhir pekan ternyata bisa membuat Anda merasa pusing di hari-hari berikutnya. Tidur lebih lama di akhir pekan dengan jumlah yang lebih banyak dari hari-hari biasa bisa membuat produksi serotonin dalam tubuh berlebih dan membuat kita merasa pusing.


Untuk mencegah sakit kepala atau pusing saat baru bangun tidur, ada baiknya kita terus menjaga jadwal tidur kita tetap sama setiap harinya. Jadi perlu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, baik di hari biasa maupun akhir pekan.

Penyebab lain dari sakit kepala saat baru bangun tidur, antara lain gangguan tidur seperti apnea tidur (sleep apnea), stres, depresi, dan rasa cemas. Kurangnya tidur karena mengalami apnea tidur dan adanya kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur juga bisa membuat kita merasa pusing saat bangun tidur

Selain itu, kadar pereda rasa sakit alami di tubuh itu berada di titik terendah di pagi hari sekitar pukul 4 hingga 8 pagi. Sakit kepala yang diakibatkan oleh otot-otot tegang bisa muncul dan makin parah pada jam-jam tersebut.

Depresi, stres, dan rasa cemas juga bisa membuat kita pusing saat bangun tidur. Penyebabnya adalah karena saat menderita stres, otot-otot di bahu, leher, rahang, dan kulit kepala bisa menegang saat tidur di malam hari, sehingga saat bangun tidur kita akan merasa pusing.


Hal-hal lain yang bisa menyebabkan rasa sakit kepala saat bangun tidur, antara lain penggunaan gel rambut sebelum tidur, mengonsumsi minuman berkafein sebelum tidur, dan ketagihan kafein.

Untuk mengatasinya, kita bisa coba minum air lebih banyak dan mengondisikan situasi jadi lebih tenang dan rileks. Tapi jika rasa sakit kepala atau pusing terus muncul setiap hari saat bangun tidur, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading